Rektor Unsyiah Lepas Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Secara Daring

Share:

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unsyiah secara daring. 
Kegiatan ini dipandu oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech,  Jumat (15/5). 
Kepala Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Unsyiah Dr. Dra. Sulastri, M.Si menjelaskan, KKN Tematik kali ini diikuti sebanyak 3672 mahasiswa. Mereka dibimbing oleh 178 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang memiliki semangat pengabdian tinggi.
KKN Tematik Covid-19 ini mengangkat tema, “Melalui KKN Tematik Covid-19 Unsyiah Tahun 2020 Kita Tingkatkan Kesadaran dan Ketahanan Masyarakat Melawan Wabah Covid-19 dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Tangguh, Sehat, dan Sejahtera”.
Adapun lokasi Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Unsyiah ini, tersebar di 15 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Riau, Bengkulu, Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Papua dan Papua Barat.
Sulastri mengungkapkan, KKN Tematik Covid-19 ini berbeda dengan KKN Kebencanaan yang pernah Unsyiah laksanakan sebelumnya. Dari segi jumlah dan sistem pendukung seperti SDM sangat jauh berbeda. Di mana KKN Covid-19 ini jumlahnya mendekati 4000 mahasiswa.
Untuk itulah, Sulastri berharap kehadiran mereka bisa memberikan kontribusi berarti bagi masyarakat khususnya dalam menghadapi pandemi ini.
“Kami berharap melalui implementasi program kerja KKN tematik ini, bisa meningkatkan pemahaman masyarakat untuk tangguh menghadapi ancaman Covid-19, serta memberikan butterfly effect untuk menghentikan wabah ini,” ucapnya.
Sementara itu, Rektor dalam sambutannya menyampaikan dukungannya kepada mahasiswa Unsyiah dalam merealiasikan program KKN Tematik Covid-19 ini. Rektor berharap, mahasiswa Unsyiah mampu menjadi contoh bagi masyarakat. 
Kehadiran mereka bisa memberikan titik terang bagi setiap persoalan yang dihadapi masyarakat, seperti di saat pandemi ini.
Untuk itulah, Rektor menghimbau mahasiswa Unsyiah untuk mematuhi semua protokol keselamatan Covid-19 ini. Seperti untuk tetap di rumah, kalaupun harus berpergian karena urusan yang penting. Maka harus menjaga physical Distancing sekitar 1,5 meter.
Selain itu, mahasiswa Unsyiah harus bisa terlibat aktif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol keselamatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tersebut.
“Tujuan hidup kita adalah untuk menjadi manusia yang bermanfaat. Maka, manfaatkan ilmu yang telah kita dapatkan untuk masyarakat, dan jadilah contoh yang baik di manapun kita berada,” ucap Rektor.
Rektor juga mengingatkan, agar mahasiswa Unsyiah gigih dan selalu bersemangat dalam mewujudkan cita-citanya sehingga mampu menjadi pemimpin di masa depan.
“Kalian harus bertekad untuk menjadi pemimpin, agar bisa mengubah masa depan bangsa ini kelak. Maka hari ini, belajarlah dengan gigih. Perluas wawasan agar menjadi pemimpin yang cerdas,”  ucap Rektor.
Pada kesempatan ini, dua mahasiswa KKN Tematik Unsyiah yaitu Diandra Amalia Putri dari Fakultas Keperawatan yang berada di Kendari dan Hidaytullah Akbar Jamal dari Fakultas Teknik yang berada di Depok, menyampaikan kondisi daerahnya masing-masing dan program KKN Tematik yang mereka laksanakan. []

No comments