Cek Ketersediaan APD, Pimpinan DPRK Sidak ke Puskesmas Kopelma Darussalam

Share:

WASATHA.COM, Banda Aceh –  Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, untuk memastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di pusat layanan kesehatan tersebut, Selasa (5/5/2020).

Sidak tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, bersama Wakil Ketua, Usman dan Isnaini Husda. Dalam kunjungan tersebut, para pimpinan dewan itu turut didampingi Camat Syiah Kuala, Aulia R Dahlan.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRK, Usman menyampaikan bahwa kunjungan pimpinan DPRK Banda Aceh ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kopelma Darussalam itu untuk melihat kondisi gedung, peralatan medis, dan pelayanan di puskesmas setempat.

“Kami minta selama penanganan Covid-19 petugas medis agar  melayani pasien dengan baik demi kebaikan bersama di Kota Banda Aceh,” kata Usman di sela-sela kunjungan itu.

Usman juga meminta Kepala Puskesmas untuk merapikan peralatan medis APD semaksimal mungkin dalam melakukan pelayanan.

“Kalau misalnya masih ada yang kurang bisa melaporkan kepada DPRK Banda Aceh, agar bisa kami tindaklanjuti kepada Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh,” tuturnya.

Usman juga mengapresiasi tenaga medis dan paramedis yang telah berjuang menangani pasien pada masa pandemi Corona ini.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kopelma Darussalam, dr Amalia kepada anggota dewan menyampaikan, selama wabah Covid-19 sejak beberapa waktu lalu terjadi penurunan kunjungan pasien ke puskesmas. Bila biasanya rata-rata mencapai 60-80 orang per harinya, tetapi dalam beberapa minggu ini hanya 30-40 per hari.

“Untuk kondisi darurat tetap ditangani seperti biasa, mungkin untuk pelayanan mata dan THT ada pengurangan yang tidak berstatus darurat  kami batasi dulu untuk sementara waktu,” kata dr Amalia.

Amalia juga menyampaikan terima kasih kepada DPRK yang telah berkunjung untuk melihat kondisi puskesmas tersebut. Selama dalam penanganan Covid-19, pihaknya tetap menjalin koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh untuk membicarakan kebutuhkan peralatan dan kendala di lapangan.

“Selama ini kami terus melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan supaya tidak menghambat paelayanan di Puskesmas Kopelma Darussalam, Sejauh ini pihak dinas telah memberi APD berupa baju hazmat ada masker bedah,” ujarnya.

Sementara Camat Syiah Kuala, Aulia R Dahlan pada kesempatan yang sama mengapresiasi kedatangan pimpinan DPRK Banda Aceh,  ke Kecamatan Syiah Kuala dan Puskesmas Kopelma Darussalam untuk melihat persiapan puskesmas kecamatan.

“Dalam menangani masalah Covid-19 di Banda Aceh, kami cukup apresiasi ada kepedulian dari anggota dewan. Di sini kami sangat memberikan apresiasi yang besar sehingga ini bisa menjalin hubungan dengan baik antara legislatif dengan pihak kecamatan,” tuturnya.[]

No comments