SBA Upayakan Pencegahan Penyebaran Covid 19 di Pabrik Lhoknga

Share:

WASATHA.COM, Aceh Besar - Solusi Bangun Andalas (SBA) ikut berupaya mengambil langkah- pencegahan penyebaran covid 19 di dalam wilayah operasional, maupun di luar wilayah operasional, salah satunyanya di kawasan Aceh Besar.

Bantuan yang diberikan SBA berupa peralatan seperti masker, antiseptic, serta lainnya. Penyerahan bantuan tersebut di lakukan di puskesmas Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Jumat (20/03/2020)

General Manager SBA, Durain menjelaskan bahwa SBA ikut serta dalam upaya bersama mencegah penyebaran Covid 19 dengan menyalurkan bantuan kepada Puskesmas Lhoknga. Selain itu, juga penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat agar lebih menjaga kebersingan diri dan lingkungan.

 “Bantuan berupa sabun cuci tangan, soap dispenser, masker, brosur dan spanduk-spanduk kami serahkan kepada pihak puskesmas lhonga kecamatan dan Kecamatan Leupung serta beberapa kebutuhan pendukung lainnya, untuk membantu Puskesmas dalam mengedukasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Ini adalah bentuk upaya kami untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan sekitar perusahaan,” ungkap Durain Parmanoan, General Manager SBA.

Selain itu, pihak SBA akan menbatasi perjalanan dinas karyawan serta menunda kegiatan atau rapat yang melibatkan karyawan SBA. Hal ini sejalan dengan surat edaran pemerintahan Aceh.

“Untuk sementara ini kami tidak menerima kunjungan tamu asing dari manapun. Kami juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh seluruh karyawan, pekerja kontraktor, tenaga kerja asing (TKA) dan seluruh tamu yang berkunjung ke pabrik. SBA juga sudah membatasi perjalanan dinas karyawan, menunda kegiatan atau rapat yang melibatkan banyak orang, dan memanfaatkan fasilitas daring seperti video conference dan lain-lain”, tambah Durain.

Mengenai penanganan tenaga kerja asing yang dipekerjakan melalui pihak ketiga (LNET) untuk mengoperasikan fasilitas pembangkit daya listrik pabriknya, General Manager SDA, Durain menegaskan bahwa sejak awal bulan Februari 2020 yang lalu, sudah tidak ada lagi personil tambahan (baru) TKA yang datang ke Aceh. TKA yang sempat pulang ke negerinya pun tidak diizinkan untuk kembali ke Aceh sesuai arahan dari kantor Imigrasi Banda Aceh.

SBA terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh (KKP kelas III Banda Aceh) untuk pemeriksaan kesehatan para TKA secara berkala  yang juga dipantau oleh dokter Perusahaan dan pihak KKP. Selain itu, secara mandiri pihak LNET telah melakukan dekontaminasi area perkantoran dan melakukan pengecekan rutin ke penginapan (mess) para TKA tersebut, untuk memastikan para TKA berada dalam keadaan sehat.

“Selain himbauan dan sosialisasi mengenai pedoman hidup sehat kepada seluruh karyawan, SBA menyediakan fasilitas hand sanitizer dan wastafel lengkap dengan sabun pencuci tangan di lokasi-lokasi yang banyak dikunjungi oleh para pekerja. SBA juga sudah membentuk crisis management team covid-19 dan memprogramkan sterilisasi ruangan kerja di kawasan pabrik serta akan terus memberikan arahan kepada masyarakat sekitar untuk tetap selalu waspada terhadap penyebaran wabah ini”, tutupnya. [ ]

No comments