Jamaah Muslimin Serukan Qunut Nazilah Untuk Muslim India

Share:
Muslim India berdoa di depan masjid. [dok.muslim choice]

WASATHA.COM, JAKARTA -Jama’ah Muslimin (Hizbullah) sebagai wadah persatuan umat Islam menyerukan kepada segenap kaum Muslimin untuk memanjatkan doa Qunut Nazilah pada setiap shalat fardhu, mendoakan kaum Muslimin yang teraniaya di India.
Seruan itu sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian terhadap nasib saudara seiman di India yang sedang terzalimi, pernyataan menyebutkan, Senin (2/3).
Qunut nazilah dilakukan selama satu bulan penuh, dipanjatkan pada rekaat terakhir pada saat i’tidal, setelah rukuk pada setiap shalat.
Qunut Nazilah pernah dilakukan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sepanjang satu bulan saat terjadi pembunuhan puluhan penghafal Quran yang saat itu sedang mendapatkan tugas berdakwah.
“Menyerukan kepada para imam shalat untuk melaksanakan Qunut Nazilah, di setiap shalat fardhu, terhitung mulai Subuh, Senin 7 Rajab, hingga 7 Sya’ban mendatang,” lanjutnya.
Aksi ke Kedubes India
Pada bagian lain, Amir Majelis Ukhuwah Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah), Bustamin Utje mengatakan, pihaknya juga mendukung dan akan ikut serta dalam aksi damai ke Kedubes India bersama komponen Muslimin lainnya di Jakarta pada Jumat 6 Maret mendatang.
Pihaknya juga menyerukan agar wilayah-wilayah lain di Indonesia juga menyelenggarakan aksi yang sama sebagai bentuk solidaritas dan kepeduliaan.
“Yang terpenting adalah doa untuk saudara-saudara kita yang teraniaya, khususnya di India” katanya.
Bustamin menyatakan, aksi damai harus tetap mengedepankan kebersamaan, tanpa kekerasan dan tanpa kericuhan. Pihaknya juga menyerukan, meski kaum Muslimin di India teraniaya, namun komunitas Hindu di Indonesia harus tetap dilindungi, tidak boleh diganggu.
Kepada kaum Muslimin di India, Bustamin menyerukan untuk bersikap sabar dan semakin mendekatkan diri kepada Allah serta memohon perlindungan dan pertolongan untuk diselamatkan dari segala bahaya.
“Yakinlah bahwa Allah tidak diam dan saudara-saudara kalian umat muslim di seluruh dunia ikut prihatin atas musibah yang kalian hadapi dan siap sedia untuk membela dan menolong kalian. Rapatkanlah barisan kalian dan tingkatkan ukhuwah di antara sesama muslim serta waspadalah dari segala bentuk fitnah dan adu domba dari musuh-musuh Allah,” lanjutnya.
Untuk umat Islam di luar India, kami menyerukan untuk terus memberikan perhatian dan pembelaan terhadap saudara sesama muslim. Hal ini sebagai bukti bahwa kaum muslimin di manapun adalah satu kesatuan dan bersaudara.

No comments