Kelainan Genetik, Bayi Aneh ini dituduh memakan “Usus” Ibunya

Share:

WASATHA.COM, INDIA- Berbicara mengenai Hoax memang tidak pernah habisnya, tiga hari yang lalu tepatnya kamis (28/11) telah beredar kembali video viral dan pesan berantai kedustaan (Hoax) di Indonesia mengenai seorang bayi di India yang terlahir aneh dengan kulit bersisik dan pecah-pecah. Pesan tersebut tersebar di facebook dan media sosial lainnya dengan narasi,

Bayi ini 11 bln dlm perut ibunya. Habis usus ibunya dimakan oleh Bayi ini, kemudian dokter mengoprasi ibunya untuk mengeluarkan Bayi ini… Ketika Bayi ini keluar, dia gigit tangan perawat… Setelah 3 jam si Perawat meninggal, IBU Bayi ini pun meninggal setelah Bayi ini keluar… Bayi ini lahir dgn berat 8 kg, setelah 3 jam bertambah naik beratnya menjadi 13 kg… Bayi ini lahir hari jumat, tidak tahu Allah ingin kasi peringatan apa untuk kita semua… Bayi ni kemudian dibunuh, dokter memberinya suntik mematikan sampai 17 kali baru bayi ini mati… Ini kisah benar-benar terjadi di India… Wallahu A’lam

Dari narasi diatas sangat jelas bahwa tulisan tersebut adalah sebuah karangan berlebihan dan tidak masuk akal dari pembuat Hoax yang hanya mencari perhatian publik melalui tulisan karangannya. Karena pada faktanya bayi aneh ini hanya mengalami kelainan genetik, bukan bayi monster yang telah memakan usus ibunya dan tidak ada informasi yang membenarkan bahwa bayi ini telah memakan usus ibunya selama dalam kandungan.

Dikutip dari India Today, bayi aneh yang dituduh memakan “usus” ibunya merupakan bayi yang berasal dari India yang dilahirkan memiliki kelainan genetik kulit bernama Harlequin Ichthyosis. Kelainan ini diketahui sudah pernah terjadi pada beberapa kasus  di dunia dan kasus bayi di India ini adalah ke-10 yang pernah terjadi dan diantaranya dikabarkan telah meninggal dunia. berikut cuplikan video yang sempat viral mengenai bayi tersebut di media sosial (harap jangan disebar kembali).


Ichthyosis Harlequin merupakan sebuah kelainan genetik yang menyebabkan kulit menebal di hampir seluruh tubuh saat lahir. Ichthyosis Harlequin mempengaruhi cacat gen “ABCA 12’. Bayi yang lahir dengan Ichthyosis Harlequin ini akan hadir dengan Hiperkeratosis yang menyebabkan adanya penebalan stratum corneum (lapisan luar kulit epidermis). Lapisan kulit akan berbentuk lempeng baja yang pecah-pecah. Penderita akan mengalami kelainan bentuk cranial dan wajah yang parah. Telinga mungkin sangat tidak berkembang atau tidak ada sama sekali seperti halnya hidung. Kelopak mata bisa terbalik yang membuat mata dan area sekitarnya dapat sangat rentan terkena infeksi. Bayi dalam kondisi ini akan sering  berdarah saat lahir. Bibir ditarik kembali oleh kulit kering (eklabium). bayi yang mengalami Ichthyosis juga akan mengalami komplikasi masalah pernapasan, infeksi, suhu tubuh dan dehidrasi.



ilustrasi gambar bayi penderita Harlequin Ichthyosis (sumber :wikipedia.com)

Diketahui bahwa bayi yang lahir dengan kondisi Ichthtyosis Harlequin di India ini berasal dari persalinan cesar  seorang ibu berusia 20 tahun berasal dari Uttar Pradesh. Menurut Jurnal of Pakistan Medical Association yang telah meneliti menjelaskan bahwa kasus tersebut terjadi karena sang ibu bayi  mengosumsi obat keras saat kehamilan.

Dikutip kembali dari India Today, dengan judul “Harlequin baby born to UP woman dies” kini bayi tersebut dikabarkan telah meninggal dunia setelah beberapa jam dilahirkan karena masalah pernafasan di Rumah Sakit Delhi, Kasturba Ghandi, selasa 26 september 2018 informasi tersebut diambil dari akun twitter Priyanka Sharma.

Semoga kita bisa lebih berhati-hati kembali dengan pesan Hoax, jangan langsung membenarkan apalagi mengirimnya, Kejahatan Hoax merupakan perbuatan keji dan membahayakan. []


No comments