Telur Jadi Tren Makanan Kekinian

Share:
Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu, Sekarang Telur Jadi Tren Makanan Kekinian
Foto : Istock

WASATHA.COM-Telur sudah disantap manusia sebagai sumber protein sejak ribuan tahun. Olahannya beragam dan kini justru muncul olahan telur sederhana yang jadi hits di kalangan foodies.

Menurut data yang dihimpun oleh Time (30/09), telur setidaknya sudah ada sejak 7000 tahun yang lalu. Banyak yang percaya bahwa sebelum adanya ayam, telur lebih dulu muncul. Banyak filsuf terkenal seperti Aristotle hingga Charles Darwin, yang membahas tentang hal ini, namun belum ada yang bisa memastikan dari mana telur pertama kali tercipta.
Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis telur dari unggas yang populer. Salah satunya ada telur burung puyuh, telur bebek, hingga telur ayam. Telur ayam ada 2 jenis, telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Kemudian ada telur ayam dengan pengayaan omega3, vegan, vitamin D dan lain-lain.
Menginjak tahun 1940-an, ketika Indonesia masih berada di dalam jajahan Belanda. Ada dua jenis ayam yang mereka kenal, ayam Belanda (ayam negeri) dan ayam liar yang disebut sebagai ayam kampung. Sejak saat itu banyak orang Indonesia yang mulai menggemari hidangan telur. Tak hanya telur ayam saja, telur bebek dan telur burung puyuh pun juga mulai dilirik.

Kini hampir setiap daerah di Indonesia, memiliki resep dan hidangan telur. Dari Sumatera Barat contohnya, hidangan khas Minang yang beragam ini tak lepas dari olahan telur
. Seperti telur yang diolah sebagai gulai, kemudian ada juga talua barendo yaitu telur dadar keriting yang krispi, hadir juga rendang kering yang terbuat dari telur enak.
Telur juga diolah jadi jajanan seperti kerak telor, telur gulung , martabak telur dari Aceh dan Medan. Kemudian tren jajanan kekinian aneka keripik dan gorengan dengan topping salted egg, kuning telur asin yang dibuat saus. Yang terakhir muncul tren telur goreng sederhana yang viral dan hits di sosial media.
Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu, Sekarang Telur Jadi Tren Makanan Kekinian
Foto : Food.detik.com

Berbeda dengan hidangan telur lainnya, hidangan ini benar-benar sederhana. Hanya berupa nasi putih hangat, telur ceplok atau telur dadar dengan tambahan bumbu minimalis dan kecap atau sambal.

Seperti Rumah Makan Ayong 999 di Pontianak, yang viral dengan menu nasi telornya yang banyak didatangi food blogger. Nasi telor di sini, menggunakan bawang putih cincang, lalu disajikan dengan kecap khas Pontianak.
Hadir juga Nasi Telor Sentosa, tempat makan nasi telor di Jakarta yang punya belasan cabang yang fokus menyajikan menu nasi telor ceplok dan dadar saja.

Ulasan detikFood kali ini akan membahas seputar hidangan telur yang populer. Mulai dari yang klasik, hingga yang kekinian. Tentunya lengkap dengan cara dan tips mengolah telur. Juga tempat makan telur yang enak, hingga mencicipi aneka minuman dari campuran telur.(Sumber : Food.detik.com)

No comments