Dosen KPI UIN Ar-Raniry Berbagi Tips Menulis Bersama Teungku Dayah

Share:

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Dosen Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Arif Ramdan MA, Rabu (26/6/2019) melatih teknis penulisan artikel popular untuk para teungku dayah di Banda Aceh.

Pelatihan menulis artikel yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh itu digelar hingga Kamis besok di Hotel Al Hanifi, Lampriek.

Pelatihan Jurnalistik bertajuk Membangun Peradaban Literasi Daya Menuju Banda Aceh Gemilang itu dibuka oleh Sekretrasi Dinas Pendidikan Dayah Aceh Azhari, S.Ag MSi.

Sesi menulis artikel yang dipandu Arif Ramdan, menghasilkan 11 judul rencana penulisan yang digarap para peserta pelatihan. Rencana ide atau gagasan awal itu dipetakan dalam sesi menemukan ide menulis.

Beberapa ide tulisan yang berhasil dihimpun pada sesi itu antara lain, Dayah Bahasa Inggris, UKS Dayah, Fatwa Haram FUBG , Efektifkah, Dayah Era 4.0, Pengajian Pencari Tiram, Wisata DayahAdab Santri Dayah, Gerakan Bangun Shubuh di Dayah.

"Para peserta pelatihan akan menuntaskan penulisan artikel tersebut dalam beberapa hari ke depan dan akan dipandu langsung oleh pemateri dengan cara  konsultasi online," kata Badaruddin, moderator yang memandu sesi penulisan artikel.

Sekretaris panitia, Muhammad Nas mengatakan, mengatakan, pelatihan itu bertujuan memberi motivasi dan wawasan jurnalitik bagi para santri dan teungku di dayah.

Diharapkan kegiatan itu, kata Muhammad Nas dapat memicu para santri berfikir kreatif, kritis, dan mandiri serta mampu menghasilkan karya tulis yang baik.

Selain diisi oleh akademisi, pelatihan Jurnalistik bagi santri dayah tersebut menghadirkan pemateri antara lain, Zainal Arifin M Nur; Wartawan Harian Serambi Indonesia, dan Zulkarnaini Masry; wartawan Harian Kompas.

Pemateri lain yang akan memperkaya materi pelatihan adalah Muhammad Syarif, SHI MH. Ia adalah pegiat media sosial dan media pers.

Muhammad Syarif menyampaikan materi urgensi “sidara” sebagai penguatan lembaga pendidikan dayah dalam Kota Banda Aceh.

Pada sesi akhir pelatihan, peserta pelatihan dijadwalkan berkunjung ke Harian Serambi Indonesia. []

No comments