Hari Pertama Puasa, Kopelma Darussalam Sepi

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh - Tidak seperti hari biasa yang selalu ramai dan terkesan macet, Kopelma Darussalam Banda Aceh hari ini terpantau sepi dan lenggang, Senin,(6/5/2019).

Sejak pagi tadi, hanya terlihat beberapa orang dan kendaraan saja yang berlalu lalang di sekitaran Darussalam. Hari Senin yang biasanya selalu ramai, justru kini tampak sepi dan lenggang. Padahal tidak ada pemberitahuan libur perkuliahan pada hari pertama puasa ini. Beberapa warga berpendapat bahwa ini adalah kejadian biasa di hari awal puasa.

"Ini sudah biasa terjadi,dimana banyak yang mengalami "shock culture" sehingga sebagian besar orang merasa lemas dan tidak sanggup beraktifitas, karena mereka merasakan kondisi yang berbeda saat berpuasa," ujar salah satu warga.

Namun, beberapa mahasiswa dan dosen mengatakan bahwa mereka sengaja meliburkan diri, dan sudah saling melakukan konfirmasi sebelumnya.

"Hari-hari awal puasa tentu sangat berbeda sehingga kita butuh penyesuaian diri, meskipun kegiatan puasa Ramadhan sudah dilakukan setiap tahunnya," ungkap salah seorang mahasiswa saat ditanya Wasatha.com.

Sementara itu terlihat juga beberapa proses belajar mengajar tetap berlangsung. Hanya saja perkuliahan dimulai lebih cepat dan waktunya pun dipangkas lebih singkat, dengan tujuan agar para mahasiswa dan dosen tidak merasakan letih yang berlebihan. Salah satunya Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry), mereka mempercepat jadwal perkuliahannya.

Selain perkuliahan, terlihat juga beberapa toko selain makanan memilih untuk tutup di awal puasa di sekitaran Kopelma Darussalam. [Maulana Arifan]

No comments