UAS Akan Isi Ceramah di Dayah Darul Ihsan Krueng Kalee Aceh Besar

Share:


WASATHA.COM, Aceh Besar- Penceramah kondang, Ustadz H Abdul Somad Lc MA (UAS) akan mengisi  tausiyah dalam rangka Tabligh Akbar  Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang  dilaksanakan di Dayah Darul Ihsan, Siem, Darussalam, Aceh Besar, Rabu (3/4/2019) mendatang.

Dalam video yang diunggah pada akun resmi milik Tgk H M Fadhil Rahmi, Lc, Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) dan Tim Tafaqquh juga pada akun FB Tgk Fadhil merincikan sejumlah jadwal Tabligh UAS yang masih bersifat tentatif.

"Saya ke Aceh, tidak merasa menceramahi orang Aceh. Itu yang perlu digaris bawahi," ujar UAS dalam video tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa kerajaan Siak, tempatnya tinggal sekarang, kemudian di bawah Siak itu kerajaan Asahan, Sultan Iskandar Muda mau pergi ke Malaka, dalam perjalanannya itu, menikahlah sultan di sebuah tanjung, tanjung itu ada balai-balai. Maka negeri itu dinamakan Tanjung Balai.

"Disana dia (Sultan Iskandar Muda) menikah dengan anak  seorang sultan, namanya Siti Selendang Ungu. Dari pernikahan itu lahir seorang anak laki-laki namanya Abdul Jalil, itulah nama sultan pertama kerajaan melayu Asahan," terang UAS dalam video pendeknya.

Ia juga menyebutkan mempunyai ikatan yang sangat kuat dengan Aceh.

"Itu saya pulang ke orang-orang (Aceh) yang dulu  telah berjasa mengislamkan nenek moyang kami," jelasnya.

H Musannif Sanusi SE, Ketua Yayasan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, dan Tgk Mustafa Husen Woyla, Ketua Panitia, terus melakukan persiapan dengan menggelar rapat bersama Muspika plus kecamatan Darussalam, Aceh Besar untuk menyukseskan Tabligh Akbar  Isra’ wal Mi’raj yang menghadirkan da’i kondang asal Riau yang sudah populer se-Asia ini.

"Dan syukur alhamdulillah,  setelah berkali-kali  kami mencari jadwal sejak maulid lalu,  baru di peringatan Isra’ wal mi'raj ini bisa dilaksanakan. Dan ini tepat pula dihari peringatan perjalanan nabi Muhammad SAW ketika Isra’ wal Mi’raj. Ini memang merupakan  karunia Allah SWT kepada kami dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee," ujarnya.

Ia juga memaklumi jadwal kegiatan UAS yang begitu padat sehingga untuk medatangkannya perlu koordinasi dengan baik dalam mencari waktu kosongnya.

“Mungkin juga, kami dengar UAS ada kedekatan hubungan thariqat dengan Abu Hasan Krueng Kalee, yakni pada thariqat Al-Haddadiyah," tutup Musannif dengan penuh rasa syukur.

Menurut Tgk Mustafa Husen Woyla, jamaah yang hadir diperkirakan akan mencapai ribuan.

Oleh karena itu, ia mengimbau kendatipun ada pengamanan dari kepolisian diharapkan kepada warga Aceh Besar dan kota Banda Aceh untuk datang lebih awal, agar terhindar dari Kemacetan.

"Jika mungkin mengendrai kendaraan bermotor. Yang berjarak dekat, sebaiknya berjalan kaki saja. Dan juga dalam keadaan sudah berwudhu’ kerena akan digelar salat Ashar di area dayah," pungkasnya.

Berikut rundown Acara Tablig UAS di Darul Ihsan;
15.00 : Tim penjemput sudah di bandara SIM
15.30 : UAS tiba di bandara SIM
16.15 : Tiba di Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee
16.30: Tabligh Akbar  Isra’ wal Mi’raj
18.30 : Selesai
18.35 : UAS berangkat menuju Aceh Jaya. []

No comments