Kopi Boh Manok Khas Pidie yang Memiliki Asupan Gizi

Share:
Foto : wasatha.com/Hendra

BEBICARA mengenai Aceh memang tak pernah lekang dengan kopi, Aceh yang juga dijuluki “Negeri seribu warung kopi” memang banyak menyajikan kopi dalam berbagai bentuk. Salah satunya yaitu kopi boh manok (kopi yang dicampur dengan telur ayam).

Bagi anda penikmat kopi belum sah kalau mencoba kopi boh manok(kopi telur). Kopi ini merupakan minuman khas masyarakat diperdalaman pidie.

Kopi boh manok (kopi yang dicampur telur ayam) bisa anda jumpai di salah satunya warung kopi milik Iskandar, yang terletak di jalan Jabal Ghafur, Kota Bakti, tepatnya di Desa Lameu,Pidie.

Kebiasaan minum kupi boh manok ini termasuk salah satu kategori asupan gizi yang diistilahkan dengan “poding”.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol. Faktanya, kuning telur memiliki kandungan lesitin, yang efektif menekan kadar kolesterol. Satu telur mungkin berisi 186 miligram kolesterol, namun tidak perlu khawatir jika mengonsumsinya secara teratur.

Meski sehat, para ahli kesehatan tidak menganjurkan wanita hamil dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah untuk sering mengonsumsi telur setengah matang karena nutrisi pada orang tersebut harus lebih banyak.

Cara penyajiannya termasuk mudah untuk dilakukan, mula-mula telur kampong di masukkan dalam gelas.Kemudian putih dan kuning telur di pisahkan. Karena yang di kocok kuning telur saja.

Tidak butuh waktu terlalu lama untuk membuat kopi yang memiliki asupan gizi ini, hanya membutuhkan sekitar 5 menit pergelasnya kalau menggunakan blender. jika menggunakan lidi butuh waktu lama, kurang lebih 20menit.

Di warung ini, anda juga bisa menikmati kopi boh manok dengan makanan khas aceh yaitu leumang.

Leumang merupakan makanan dari beras kentan yang di masak dalam seruas bambu,setelah sebelumnya di gulung dengan selembar daun pisang.

Gulungan daun bambu berisi tepung beras di campur santan kelapa ini kemudian di masukan ke dalam seruas bambu,lalu di bakar sampai matang.

Cara menikmatinya leumang dengan kopi telur sangat mudah, leumang di buang dulu daun pisang yang membalutinnya, setelah terbuka langsung celup leumang ke dalam kopi boh manok. [Hendra Kurniawan]/Tek