5 Solusi Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Share:


Foto : Google

MEMILIKI kondisi tubuh yang bugar dan sehat merupakan idaman setiap orang. Karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang senang dengan kondisi tubuh sakit, sehingga kesehatan dianggap sangat mahal harganya.

Kondisi tubuh yang bugar dan sehat juga memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas hari-hari dengan mudah. Karena kondisi tubuh yang sakit tidak mungkin membantu seseorang melakukan aktivitasnya dengan mudah. Oleh sebab itulah kita diharuskan menjaga kesehatan.

Berikut solusi mudah menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam kondisi bugar dan sehat:

Pertama, Bangun pagi lebih awal, merupakan langkah utama yang harus anda lakukan demi menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. 

Percaya atau tidak, orang yang suka tidur di pagi hari akan mudah diserang berbagai penyakit, padahal waktu pagi merupakan kesempatan yang tepat berolahraga agar kondisi tubuh tidak lemas.

Sinar matahari pagi juga dianggap sangat bermanfaat pagi tubuh, oleh sebab itu pula banyak orang yang berolahraga pagi dengan alasan agar terkena sinar matahari pagi, karena matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Orang yang bangun pagi lebih awal dan tidak tidur saat matahari terbit biasanya akan menjalani hari penuh semangat dengan keadaan tubuh yang sehat dan bugar.

Kedua, Minum air putih, adalah tips menjaga badan tetap sehat dan bugar. Minum air putih 2 gelas pada saat bangun tidur disebut mampu bagus bagi kesehatan. 

Selain itu, siang hari juga disarankan agar lebih banyak meminum air putih agar cairan dalam tubuh tidak berkurang karena lelah beraktivitas.

Ada baiknya lagi apabila air yang diminum merupakan air putih dalam kondisi hangat. Apabila anda adalah seorang pekerja yang melakukan aktivitas kerja di meja dan duduk dalam waktu 3 jam lebih, maka disarankan agar air putih yang anda minum harus lebih banyak guna menghindari dehidrasi pada tubuh, dimana akan membuat anda kehilangan konsentrasi bahkan pusing.

Apabila hal itu terjadi, tentu akan mengganggu kebugaran dan kesehatan tubuh anda, sehingga hal tersebut dapat mengganggu aktivitas kerja anda sehari-hari.

Ketiga, Tidur siang, juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap segar, bugar dan sehat. Namun tidur siang bagi warga Indonesia saat ini jarang dilakukan oleh sejumlah, hal itu karena kondisi jam bekerja yang tidak mendukung untuk melakukan istirahat siang. Padahal tidur di siang hari mampu meningkatkan kebugaran tubuh seseorang.

Biasanya, orang yang menyisihkan waktu siang untuk tidur walaupun hanya 30 menit, akan meningkatkan konsentrasi kerja dan menghilangkan stress, sehingga mampu meningkatkan spirit kerja untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik.

Namun walaupun jarang dilakukan, hal ini tidak akan membuat kondisi tubuh seseorang menjadi lemas atau sakit, hanya saja sedikit menurunkan konsentrasi kerja. Untuk menghindari hal itu, perbanyak minum menjadi salah satu solusi tepat agar konsentrasi tetap terjaga pada saat anda bekerja.

Keempat, Hindari tidur di sore hari, karena tidur di sore hari tidak akan membuat tubuh menjadi segar dan bugar, bahkan justru akan menjadikan tubuh anda malas. 

Kondisi tubuh yang malas biasanya akan mudah lemas, sehingga hal ini menurunkan kebugaran tubuh anda. Jika anda tidak ada kegiatan di sore hari, cobalah pergi berolahraga atau sekedar jalan-jalan menikmati suasana pantai agar tubuh tetap bugar.

Sebagian orang berpikir akan tidur sebentar di sore hari karena lelah bekerja, tapi tidur di sore hari bukanlah alasan yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah sehari bekerja. Tidur di waktu sore justru akan membuat tubuh lemah dan menurunkan daya tahan tubuh, selain itu juga akan membuat kepala anda pusing.

Kelima, Berpikir positif, merupakan cara tepat menjadikan tubuh anda selalu bugar. Orang yang selalu berpikir positif pasti terlihat keindahan senyum di wajahnya yang berseri, sehingga membuatnya tetap bersemangat. Kondisi ini sangat berpengaruh bagi kebugaran tubuh seseorang, karena tubuh akan tetap aktif dan bergerak.

Orang yang berpikir negatif justru akan merusak motivasi dan menghilangkan moodnya. Kondisi ini dapat membuat pikiran kacau dan melemahkan seseorang. Orang yang berpikir negatif apalagi sedih secafa berlebihan, akan membuat tubuh lemah seakan tak berdaya, malas melakukan sesuatu dan lebih cenderung suka merenung menyendiri.


Kondisi ini tentu tidak baik baik kebugaran dan kesehatan tubuh seseorang. Ingin memiliki tubuh yang selalu bugar dan sehat? Cobalah untuk selalu berpikir positif, karena pikiran mampu mengendalikan tubuh anda. Pikiran yang positif akan selalu melahirkan sesuatu yang baik, dan berpikir negatif justru merusak tubuh sendiri.[Nurjihan Yusni]/Dhi

***

Bergabung di Bisnis Komunitas Paytren bersama ustadz Yusuf Mansur, Klik Di Sini