Festival Timur Tengah Berakhir, Prodi Bahasa Arab Akan gelar Konferensi Internasional

Share:


PRODI Bahasa Arab UIN Ar-Raniry  (PBA UIN) Gelar Acara penutupan Festival di Depan Gedung A Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Senin, (17/4/2017). Acara Festival dengan Tema  “Timur tengah”  itu  telah berlangsung selama satu Minggu yang  dimulai pada Tanggal 10 sampai 17 April 2017.

Pembukaan Acara berlangsung sangat Khidmat dengan pembukaan Secara Formal seperti pada Acara Festival pada Umumnya, dimulai  dengan Tilawatil Qur’an  kemudian berlanjut dengan kata Sambutan dari pihak penyelenggara seperti Ketua panitia Acara,ketua HMP Prodi Bahasa Arab, Ketua Prodi Bahasa Arab dan  kata sambutan dari Dekan fakultas Tarbiyah dan keguruan.


Acara festival ini dihadiri langsung oleh beberapa Tokoh-tokoh besar yang sangat berpengaruh pada Fakultas Tarbiyah dan Prodi tersebut. Diantaranya,  Ketua Prodi Bahasa Arab Dr. Bukhari Muslim M.Ag, dan Tokoh-tokoh Besar Lainnya.

Dalam Kata Sambutannya Dr. Bukhari Muslim M.Ag selaku Ketua Prodi Bahasa Arab menjelaskan Beberapa harapan kedepan dari prodi Bahasa Arab, Selain dari pada Acara Festival ini Prodi bahasa Arab juga akan menggelarkan Konferensi internasional Bahasa Arab.

" In Syaa Allah Tahun depan UIN Ar-Raniry dalam hal ini Prodi bahasa arab dan Bekerja Sama dengan BSA (Bahasa dan Sastra Arab) akan melaksanakan Koferensi Internasional ,yang dimana akan dihadiri oleh 15 negara timur tengah dan negara-negara Mayoritas Muslim” Pungkasnya.

Selain itu juga prodi bahasa Arab harapannya akan membuat kelas khusus atau Internasional yang dimana Staff pengajarnya langsung dari Arab.

Adapun Agenda yang dilakukan pada Penutupan Acara tersebut diantaranya, penampilan Kreatifitas mahasiswa Prodi Bahasa Arab, Pembagian Hadiah Lomba, Seni Akustik Arab, dan Cerita Islami.

Dalam Acara penutupan ada serangkaian acara yang menarik, salah satunya, penampilan seorang anak kecil yang ikut memeriahkan acara dengan cerita islaminya, ia bercerita tentang kehidupan Nabi Ibrahim. Uniknya, ia bukan hanya bercerita saja. Namun juga ikut memperagakan cerita tersebut dengan Alat-Alat yang sudah disiapkan.

Acara Festival Timur Tengah ini merupakan Acara Perdana dari Prodi Bahasa Arab UIN Ar-Raniry, Karena mereka sebelumya tidak mebuat acara festival akan tetapi hanya  Perayaan Ulang Tahun prodi mereka saja.

Dalam Wawancara singkat Safrijal Fuad selaku ketua HMP Bahasa Arab menjelaskan Tujuan diselenggarakan Acara Festival ini,

“Tujuan yang pertama diadakan festival ini  untuk  memberitahukan kepada Masyarakat Bahwa penting mempelajari  Bahasa Arab dan dapat mempromosikan Kalau di UIN Ada Prodi Bahasa Arab dengan Fasilitas-fasilitas yang lengkap” pungkasnya.

Selain itu, safrijal juga menaruh harapan  agar hmj Bahasa Arab kedepan dapat lebih baik, dan dapat membuat acara besar bahkan Se-tingkat Nasional minimalnya tingkat Sumatera.

Begitu juga dengan ketua Panitia, Saiful Khalis menaruh harapan agar HMJ  Prodi bahasa Arab kedepan dapat terus  berlajut untuk melakukan Pogram Festival itu kembali di tahun selanjutnya bahkan harapanya bisa sampai se-tingkat internasional.

Penutupan Acara Festival  dimeriahkan dengan Penampilan Seni Asal gayo yaitu DiDong, Kemudian dari Ketua HMP Bahasa Arab melakukan Prosesi pembagian penghargaan terhadap Panitia-panitia Festival yang Terpilih sebagai Panitia Terbaik. [Rizki Ananda dan Tim Reporter]/Rzk