Jurusan Ilmu Al-Qur'an UIN Ar-Raniry-IAIN Zawiyah Cot Kala Jalin Kerjasama

Share:



HIMPUNAN  Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir  (HMP  IAT)   UIN   Ar-Raniry  sukses menyelenggarakan  acara  pemyambutan studi banding dan  kerjasama dengan  Himpunan Jurusan Ilmu  Alqur’an dan Tafsir  (HMJ  IAT)  IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. yang berlangsung di  Aula Fakultas Ushuluddin dan  Filsafat  UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Kamis (13/4). 

Adapun Maksud dan tujuan diselenggarakan Acara tersebut  ialah  agar dapat  menjalin  hubungan Baik dan Kerjasama antara  kedua belah pihak.

Acara kunjugan dan kerjasama ini  di hadiri langsung oleh Tokoh-Tokoh  Besar  dari kedua belah pihak, seperti Dekan Fakutas Ushuluddin dan Fisafat UIN Ar-Raniry  Dr. Lukman Hakim M.Ag, wakil dekan I fakultas Ushuluddin dan filsafat, Maizuddin, M.A, Ketua Prodi IAT UIN Ar-Raniry,Dr. Muslim Djuned,  Dekan Fakultas Ushuluddin,Adab dan Dakwah IAIN Zawiyah Cot kala langsa, Dr. H. Ramly M Yusuf  MA, Sekretaris Prodi IAT Langsa  Mulizar, Sth. Mth  dan beberapa tokoh besar lainnya.

Acara tersebut  berlangsung lancar, Pembukaan Acara dimulai dengan pembacaan Ayat suci Alqur’an kemudian  kata sambutan dari ketua panitia Acara oleh saudara Mulqannur Al-Faruq yang menyapa para Tamu-tamu  dari IAIN Cot Kala Langsa.

Ketika diwawancarai Mulqannur mengatakan maksud adanya Agenda besar tersebut untuk bersilaturrahim dan mengikat ukhuwah islamiyah, juga menjalin beberapa kerjasama antara kedua belah pihak

Muhammad Faisal, Ketua  HMJ IAT IAIN Zawiyah Cot kala Langsa dalam  kata sambutannya menyampaikan maksud kunjungan mereka ke UIN Ar-Raniry, Ketika diwawancarai dia menyampaikan bahwa maksud kunjungan mereka  untuk melakukan ramah tamah dengan mahasiswa IAT UIN Ar-Raniry dan membahas Rapat  kinerja kedepannya. Selain itu, mereka juga akan melihat bagaimana  perkembangan dari Prodi IAT yang ada di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“ jurusan IAT ditempat kami masih sangat baru, jadi kami mau melihat bagaimana Prodi IAT  disini berkembang, baik dari sistem pembelajarannya, sistem tata keorganisasiannya, karna dari IAT kami sendiri masih kurang, sehingga  kami berharap ketika kami melakukan kunjungan ini setiap hal-hal yang kami tanyakan dapat terjawab disini, mudah-mudahan” pungkas Faisal.

Agenda Kunjugan dan kerjasama dari HMJ IAT IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa di  UIN Ar-Raniry bukanlah agenda pertama kali dilakukan, Kunjungan itu  sudah pernah dilakukan oleh para Alumni mereka  pada kepengurusan sebelumnya.

Ketua Umum HMP IAT UIN Ar-Raniry, Muhammad Rizki menyampaikan  maksud adanya diselenggarakan Acara tersebut untuk sebagai Studi Banding  antara kedua belah pihak dan juga beberapa kerjasama kedepannya.

“ Tujuan diadakan studi banding ini adalah merupakan  kerjasama kedua belah pihak, dan ini merupakan program dari bidang humas dan infokom dari HMP Ilmu Tafsir  secara tersendiri, namun secara langsung mereka telah meminta kami untuk  bekerjasama, Tapi Alhamdulillah telah dilakukan, tujuan diadakan program ingin dilakukanya program studi banding balasan kesana dan juga aka dilaksanakan seminar internasional yang di adakan oleh kedua belah pihak dan juga tentang Bakti sosial mungkin kita akan turun di beberapa tempat dengan organisirnya kedua belah pihak ini juga,baik dari prodi Ilmu Alqur’an daan tafsir UIN Ar-Raniry dan IAT IAIN Zawiyah Cot Kala langsa”  Pungkasnya 

Penutupan Acara tersebut di tandai dengan penandatanganan sebuah MOU, yang memilki tujuan untuk  kerjasama.  Menurut informasi, kunjungan dan silahturrahim ini juga akan berlangsung selama tiga hari yang dimuai dari hari ini sampai hari sabtu. Selain Program formal yang telah dilakukan, Program informal yang akan dilakukan oleh kedua Himpunan Mahasiswa ini adalah tour ke tempat-tempat wisata yang ada di kota banda Aceh, mulai dari museum Tsunami, Kapal apung, Rumoh Aceh dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengikat  kokoh  sebuah Ukhuwah dan jalinan Kerjasama  yang sudah Resmi diantara mereka, Baik dari Prodi IAT UIN Ar-Raniry dan  Jurusan IAT IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. [Rizki Ananda]