Air Terjun Twilhok Wisata Gratis yang Eksotik

Share:
ACEH banyak memiliki tempat wisata yang begitu eksotik mulai dari wisata alam pantai, air terjun, gunung, hutan, dan wisata-wisata lainnya.

Salah satu tempat  wisata yang masih terlihat asri, karena tempatnya masih alami, dan juga banyaknya pengunjung yang belum tau tempat ini yaitu Air Terjun Twilhok.

Air terjun twilhok beralokasi di Desa Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan. 

Sebelum menuju ke air terjun Twilhok pengunjung akan melewati rumah-rumah warga dan sedikit mendaki gunung.

Dari jalan raya, pengunjung cukup menempuh perjalanan kira-kira 1 Km ke area wisata.

Kondisi jalannya pun mulus beraspal sehingga tidak membuat pengunjung merasakan kelelahan. 

Selama perjalanan pun mata akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah.

Untuk pengunjung tidak perlu khawatir biaya yang akan dikeluarkan di wisata ini karena tempat ini tidak pernah memungut biaya untuk menikmati segarnya air terjun Twilhok.

Saat azan berkumandang tidak perlu tergesa-gesa untuk mencari tempat ibadah, karena warga setempat sudah menyediakan tempat ibadah bagi kaum muslim.

Di air terjun Twilhok ini para pengunjung bisa berenang sesuka hati maupun mencoba melompat dari atas batu kemudian nyebur ke dalam kolam atau hanya sekadar duduk dengan menyelamkan kakinya sambil memandangi indahnya suasana disekitar air terjun.

Twilhok adalah salah satu dari banyaknya air terjun yang ada di Aceh Selatan yang masih indah dan masih sedikit masyarakat yag mengetahui, terkecuali masyarakat sekitar.

Walaupun jarang diketahui oleh pengunjung, air terjun Twilhok tetap memiliki panorama tersendiri dengan udara menyentuh hati, air pun yang jernih tanpa adanya polusi, popohonan rindang diikuti gemerciknya suara burung, dan kebanyakan pohon pala yang ada disekitar tempat ini yang menjadi pemandangan khas perdesaan dilokasi airterjun tersebut.

Batuan-batuan penggunungan yang sangat besar pun menambah eksotik air terjunnya, sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan mau berlama-lama di air terjun Twilhok tersebut.

Air terjun ini juga dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk kebutuhan sehari-hari dengan menggunakan pipa besar yang mengaliri kesudut-sudut rumah masyarakat desa Lhok Pawoh.

Berkunjung ke tempat ini ada peraturan yang harus ditepati, tidak boleh mandi berduaan yang bukan muhrim dan tidak boleh melewati pukul 18.00 WIB.

Masyarakat di kawasan ini masih percaya sama hal-hal yang berkaitan dengan mistis.

Apabila ada yang melanggar dari hal-hal tersebut, maka pengunjung akan menanggung risikonya sendiri.
Tempat wisata air terjun ini masih sangat alami tanpa ada perubahan sedikit pun dari zaman ke zaman.

Wisata ini tidak dikelola oleh pemerintah, tapi masyarakat sendiri secara swadaya yang menjaganya hingga hari ini. [Ermit Salisda]