Ada Kermes Turki di Bustanussalatin, Yuk Datang!

Share:
PONDOK Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Quran Sulaimaniyah Turki Cabang Aceh, kembali menggelar Bazar (Kermes) ke II di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh.

Koordinator Pesantren Sulaimaniyah Wilayah Sumatera, Tajuddin Ince,  Jumat (7/4)   mengatakan, Bazar amal ala Turki itu akan digelar selama tiga hari, mulai Jumat, 14 April mendatang.

“Bazar digelar selama tiga hari berturut-turut. Sama halnya seperti tahun lalu, bazar akan dibuka oleh Wali kota Banda Aceh Hj. Illiza  Sa,aduddin Djamal,” kata Tajuddin Ince.

Menurut Tajuddin, bazar kedua digelar mengingat antusias masyarakat pada bazar pertama cukup banyak. Bahkan, saat itu semua souvenir dan makanan khas Turki menjadi primadona para pengunjung bazar.

Ia menambahkan, jika bazar sebelumnya hanya menjual barang-barang sumbangan dari masyarakat muslim Turki, Singapura, dan Malaysia,  maka tahun ini panitia  juga menjual produk lokal seperti pakaian, jilbab dan tas sumbangan dari beberapa wali santri.

“Bazar ini sebagai ajang silaturrahim antara masyarakat muslim Aceh dengan pihak ponpes. Seluruh hasil yang didapat dari bazar akan digunakan untuk mendanai proses belajar mengajar para santri,” ujar Tajuddin.

Terkait acara ini, Tajuddin mengatakan, tradisi bazar muncul dari zaman Kerajaan Turki Utsmani dan menyebar ke seluruh negeri-negeri muslim termasuk ke Aceh.

Kini, ponpes Tahfidzul Quran Sulaimaniyah Turki, yang jumlahnya hampir mencapai lebih dari 10.000 asrama di seluruh  dunia, melestarikan tradisi ini sampai hari sekarangi, bazar digelar tiga hari setiap tahunnya,” pungkasnya.