Iklan

Iklan

UIN Ar-Raniry Buka Jalur PMB, ini Link Pendaftarannya

6/16/21, 16:24 WIB Last Updated 2021-06-16T09:24:27Z


WASATHA.COM -  Banda Aceh,  Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa baru tahun 2021 melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal, ini merupakan jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA usai rapat evaluasi bersama panitia PMB, Selasa (15/6/2021) mengatakan, pihaknya kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliahnya di Kampus UIN Ar-Raniry melalui jalur PMB Lokal.


Dikatakan, sebelumnya UIN Ar-Raniry telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui empat jalur yang digelar secara nasional, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang kepanitiaannya di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, selanjutnya jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTKIN), ini juga dilakukan serentak secara nasional di bawah Kementerian Agama RI.


“Keempat jalur tersebut telah dilaksanakan dan diumumkan hasil kelulusannya, selanjutnya UIN Ar-Raniry telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur PMB Lokal, ini merupakan jalur terakhir. Ini merupakan peluang emas bagi calon mahasiswa yang belum lulus pada jalur penerimaan sebelumnya,” ujar Warul.


Rektor menjelaskan, bahwa jalur PMB Lokal ini menjadi peluang emas bagi calon mahasiswa, sebab pada jalur tersebut peserta dapat memilih seluruh program studi yang ada di UIN Ar-Raniry, yakni 43 prodi termasuk Ilmu Hadits yang baru keluar izin.


Ditambahkan, selain peserta dapat memilih seluruh prodi yang ada, jumlah kuota yang diterima melalui jalur PMB Lokal ini mencapai 30 persen dari total daya tampung UIN Ar-Raniry tahun 2021. Untuk diketahui bahwa UIN Ar-Raniry menerima 5.000 mahasiswa baru pada tahun 2021 ini.


Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr. H. Gunawan Adnan, MA., Ph.D mengatakan, penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur PMB Lokal telah dibuka sejak 24 Mei hingga 30 Juni 2021 mendatang, pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/informasi/pmblokal


Dikatakan, proses seleksi jalur PMB Lokal ini mengadopsi sistem UM-PTKIN, ujian secara online dengan Sistem Secara Elektronik (SSE), nanti akan ada petunjuk lanjutan mekanisme ujian serta petunjuk mengikuti ujian, semuanya tercantum pada kartu ujian masing-masing.


“Ujian SSE direncakan akan dilaksanakan pada 15-16 Juli, simulasi akan dilakukan pada 12 Juli 2021, untuk aplikasi ujian dapat didownload pada link pendaftaran pada 6 Juli mendatang,” kata Gunawan.


Warek I mengingatkan kepada peserta agar dapat mempersiapkan fasilitas yang mendukung untuk mengikuti ujian, antara lain laptop atau android dengan spesifikasi yang standar, jaringan internet dengan provider yang baik sesuai dengan lokasi masing-masing, dan pastikan teliti dalam melihat jadwal tes agar tidak terlewatkan.


Gunawan menegaskan, bahwa Uang Kuliah di kampus UIN Ar-Raniry tergolong sangat murah mulai 400 ribu rupiah, sesuai kemampuan pembiaya kuliah, ini berlaku untuk semua jalur masuk, tidak terkecuali termasuk jalur PMB Lokal.


Selain memberikan keringanan uang kuliah, pihak UIN Ar-Raniry juga menyediakan berbagai beasiswa kepada mahasiswa, sesuai dengan ketentuan masing-masing, antara lain KIP-Kuliah, Bank Indonesia, Baznas, Baitul Mal, YBM PLN Pusat, BPSDM, beasiswa amal shaleh dan Bank Aceh Syariah. [ ]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • UIN Ar-Raniry Buka Jalur PMB, ini Link Pendaftarannya

Terkini

Topik Populer

Iklan