Iklan

Iklan

Pangdam IM Silaturahmi ke Unsyiah

12/14/20, 15:13 WIB Last Updated 2020-12-16T05:30:46Z

 


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), mayjen TNI Achmad Marzuki melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Syiah Kuala. Kehadiran Pangdam disambut langsung oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng yang didampingi para wakil rektor di ruang kerja Rektor Unsyiah, Darussalam Banda Aceh, Senin (14/12/2020).


Dalam kunjungan tersebut, Pangdam beserta para asisten berdialog bertukar pikiran dengan Unsyiah. Salah satunya membicarakan tentang pendidikan karakter bela negara dan persiapan perkuliahan di masa new normal nanti. 


Pangdam mendukung penuh segala aktivitas pendidikan di Aceh, terlebih Unsyiah merupakan kampus terbesar yang mencetak banyak generasi bangsa. Untuk itu, dibutuhkan peran bersama untuk menyinergikan semangat dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan bela negara, terutama di kalangan pemuda dan mahasiswa.


“Mahasiswa Unsyiah harus dapat memainkan perannya dalam mengokohkan persatuan bangsa dan kecintaan terhadap negara,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga menawarkan peralatan dan fasilitas yang dimilikinya untuk menyukseskan kegiatan pembinaan karakter mahasiswa Unsyiah. Direncanakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tahun depan, beriringan dengan penerapan pembelajaran new normal.


Sementara itu, Rektor Unsyiah, Prof. Samsul mengapresiasi kepedulian Pangdam terhadap kampus tertua di Aceh itu. Menurutnya, pembinaan karakter merupakan sesuatu yang penting dalam membentuk pribadi mahasiswa agar memiliki jiwa nasionalisme dan pribadi berdaya saing.


 “Aceh membutuhkan generasi yang bukan hanya memiliki intelektual tinggi, tetapi juga karakter kuat untuk membangun negara dan daerah,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Prof. Samsul juga menawarkan bantuan kepada Pangdam untuk menyuling air laut di Pulo Aceh. Penyulingan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh pasukan keamanan yang mendiami pulau terluar Indonesia tersebut dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih Unsyiah memiliki ahli membran yang mampu melakukan proses penyulingan tersebut.


Pangdam menyambut baik tawaran Unsyiah. Menurutnya, air bersih merupakan kebutuhan vital bagi para pasukan keamanan yang harus dipenuhi selama mendiami Pulo Aceh.


Dalam pertemuan ini, turut hadir Wakil Rektor I Unsyiah, Prof. Dr. Marwan, Wakil Rektor III Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, dan Wakil Rektor IV Unsyiah, Dr. Hizir. Seemntara dari Kodam Iskandar Muda hadir Asisten Intelijen Kasdam Iskandar Muda (Asintel Kasdam IM) Kolonel Inf Ahmad Fikri Musmar dan Asisten teritorial Kasdam IM (Aster Kasdam IM) Kolonel Inf Robby Suryadi, S, SOS. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangdam IM Silaturahmi ke Unsyiah

Terkini

Topik Populer

Iklan