Iklan

Iklan

Tips Mudah Bersosialisasi Dengan Banyak Orang

Yuharriska
11/18/20, 08:54 WIB Last Updated 2020-11-18T02:01:46Z


 

WASATHA.COM-Setiap orang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda. Jika Anda melihat sahabat Anda, dengan mudahnya dapat beradaptasi kemudian bersosialiasi dengan lingkungan dimanapun ia berada, jangan pernah iri atau merasa kecil hati. Sahabat Anda bisa jadi seorang yang ekstrovert, dan Anda menggangap diri Anda sendiri sebagai seorang introvert. Ingatlah, introvert bukanlah suatu kekurangan dalam diri seseorang. Tetapi tak ada salahnya berusaha agar dapat bersosialiasi dengan lebih lancar. Seperti cara dibawah ini:


1. Atasi rasa malu

Bukan berarti Anda harus mengubah diri menjadi seorang yang ekstrovert. Tetaplah menjadi diri Anda apa adanya. Coba singkirkan rasa malu, untuk memulai pembicaraan atau bergabung dengan pembicaraan kelompok. Rasa tenang dan santai, akan membantu Anda jauh lebih baik saat bersosialisasi ketimbang malu saat mengungkapkan pendapat.


2. Jangan cemas

Bahkan dibalik kepribadian yang ekstrovert, seseorang memiliki beragam masalah yang dicemaskan. Justru ekstovert dapat "mengobati" dirinya dengan cara berosialiasi. Jadi jangan pernah merasa cemas dengan apa yang akan orang lain pikirkan tentang Anda.


3. Tingkatkan kepercayaan diri

Jika Anda seringkali mengalami saat yang canggung, sebenarnya hal tersebut terjadi karena Anda terlalu berlebihan dalam menganalisis situasi. Anda harus yakin dan percaya terhadap diri sendiri, serta tujuan Anda bersosialiasi.


4. Hadapi dengan tenang

Anda dapat berlatih dengan orang terdekat agar terbiasa dengan situasi saat bertemu orang yang baru. Jangan lupa regangkan otot dengan santai dan rileks, serta perlahan saat berbicara, agar Anda terdengar alami saat mengobrol.


5. Berlatih dengan diri sendiri

Berlatilah di depan cermin, untuk dapat melihat bahasa tubuh Anda saat berbicara dengan orang lain. Selain itu, cara berlatih ini juga meningkatkan kepercayaan diri, dan membuat Anda bisa lebih fokus pada diri sendiri, ketimbang ketakutan yang muncul. Kunci terpenting dalam berosialisasi adalah percaya diri, dan berpikir positif mengenai diri Anda sendiri.[Sumber Kompas.com]






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tips Mudah Bersosialisasi Dengan Banyak Orang

Terkini

Topik Populer

Iklan