Iklan

Iklan

Zulkhairi Asal Aceh Nikahi Gadis Turki di Kota Bursa

9/22/20, 17:09 WIB Last Updated 2020-09-22T10:09:25Z

WASATHA.COM, Bursa- Salah Satu Putra Aceh Zulkhairi Al Farabi (26) asal Aceh Barat Daya (Abdya) telah mempersunting salah seorang gadis Turki yang bernama Mahmure (22) asal kota Bursa (bekas ibukota Ottoman) pada abad ke-14.


Farabi merupakan salah satu Mahasiswa Indonesia asal Aceh yang saat ini bekerja di Bursa merupakan salah satu alumni Bursa Uludağ Üniversitesi jurusan Manajemen Bisnis. Ia datang ke Turki pada 2012 dan lulus pada tahun 2018 lalu. Sedangkan Mahmure lulus dari Universitas yang sama pada jurusan Manajemen Keperawatan.


Farabi, juga merupakan salah satu Ketua Umum Ikatan Masyarakat Aceh di Turki (IKAMAT) periode 2014-2015.


Farabi bukan satu-satunya WNI yang berhasil menikahi orang asing (Turki) sebagai istri, menurut informasi sudah ada beberapa mahasiswa Indonesia yang telah pernah menikah dengan orang Turki sebelumnya.


Farabi sendiri telah melangsungkan akad nikah pada 20 maret lalu, namun dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang masuk ke Turki pada pertengahan maret, maka agenda Duğun (pesta pernikahan) baru bisa dilaksanakan pada hari ini (Senin/22-09-2020).


Turut Dimeriahkan Dengan Tari Ranup Lampuan.


Dalam pesta pernikahan Farabi-Mahmure turut dimeriahkan dengan tarian Ranup Lampuan, yang dibawakan para pelajar dari Persatuan Pelajar Indonesia Kota Bursa (PPI Bursa) yang tergabung dalam sanggar Ratôh Jaröe merupakan salah satu sanggar kemitraan PPI yang didirikan oleh seorang anggota PPI Bursa asal Aceh, Ihsan.



Sanggar seni Ratôh Jaröe dibawah bimbingan Şeyh Ihsan Açeh Jaya ikut memeriahkan acara Düğün (pesta pernikahan Zulkhairi Al-Farabi). (Photo by Rizqen)

Darlis Aziz, Mantan ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Turki (PPI Turki) mengatakan bahwa, saat ini sudah banyak diaspora pelajar maupun masyarakat Indonesia yang membina mahligai rumah tangga dengan warga asli Turki. Bahkan saat ini “WN Indonesia yang menikah dengan pria Turki sudah lebih dari 1000 orang sesuai informasi yang pernah kami peroleh dari KBRI”, Ujar Darlis.



Warga Indonesia (WNI) yang turut menghadiri pesta pernikahan Alfarabi di kota Bursa datang dari berbagai Provinsi yang ada di Turki. (Photo by Rizqen)

“Tentu kita berharap adanya hubungan pernikahan antara warga Indonesia dengan Turki bisa menjadi salah satu bentuk diplomasi kultural yang mempererat hubungan persahabatan Indonesia dengan Turki kedepannya,” tambah Darlis lagi. BT_Bursa

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Zulkhairi Asal Aceh Nikahi Gadis Turki di Kota Bursa

Terkini

Topik Populer

Iklan