Komunitas "ChankPanah" UIN Ar-Raniry Peringati Maulid Nabi

Share:


WASATHA.COM Banda Aceh - Warga Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang tergabung sebagai anggota komunitas grup WhatsApp ChankPanah memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam 1441.H tahun 2019, kegiatan tersebut berlangsung di gedung Auditorium Ali Hasjmy kampus UIN Ar-Raniry, Jumat (6/12/2019).

Ketua panitia, Nasruddin disela-sela kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan memperingati maulid Nabi Muhammad Saw yang dilakukan oleh anggota grup Chankpanah, merupakan dalam rangka mempererat silaturrahim sesama anggota grup dan bentuk kepedualian dengan lingkungan sekitar.

Menurutnya, momentum maulid Nabi Muhammad Saw tahun 2019 ini, dijadikan sebagai ajang silaturrahim secara langsung sesama anggota grup, dimana selama ini warga anggota grup terus melakukan komunikasi melalui grup WA, sekarang dapat berkomunikasi langsung dengan sesama anggota.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad tahun 2019 ini dilaksanakan oleh warga Chankpanah, dengan beberapa agenda, antara lain masak kuah beulangong, makan bersama dan santuni anak yatim,” ujar Nasruddin yang akrab disapa Cheknas.

Ditambahkan, Khanduri maulid tersebut berlangsung ba’da Shalat Jumat hingga selesai, dihadiri oleh lebih kurang 150 orang yang terdiri dari anggota grup dan sejumlah undangan. Selain itu juga memberikan santunan kepada sebanyak 15 orang anak yatim dari gampong disekitar kampus UIN Ar-Raniry.

Pada kegiatan tersebut lanjut Cheknas, turut hadir sejumlah pimpinan UIN Ar-Raniry, diantaranya Wakil rektor II, Dr. Syabuddin, Warek III Dr. Saifullah Idris, Kepala Biro AAKK, Drs. Junaidi Rasda, Ketua SPI Dr. Jalil Salam, serta sejumlah pejabat lainnya.

Admin grup WA Chankpanah, Abrar Kamiluna mengatakan, grup media silaturrahim tersebut merupakan wadah bagi pegawai di Lingkungan UIN Ar-Raniry yang didalamnya bergabung lintas generasi, yang anggotanya mulai dari beberapa staf hingga beberapa pejabat.

“Grup Chankpanah tersebut terbentuk pada tahun 2013 dan hingga saat ini Alhamdulillah masih aktif dan eksis dengan berbagai kegiatan, antara lain buka puasa bersama pada bulan ramadhan, meugang, memperingati maulid Nabi Muhammad Saw., serta beberapa kegiatan sosial lainnya,” ujarnya.

Kedepan, Abrar mengharapkan agar grup WA yang beranggotakan 58 orang tersebut dapat menjadi salah satu komunitas atau wadah yang dapat memberi manfaat bagi warga grup dalam berbagi informasi positif dan juga bagi warga sekitar, disamping grup ini juga sebagai wadah silaturrahim sesama masyarakat UIN Ar-Raniry.

“Kegiatan-kegiatan sosial akan terus digalakkan dalam komunitas Chankpanah ini, dan dapat dikembangkan pada kegiatan-kegiatan yang lebih besar lagi,” tutup Abrar.[]

No comments