Facrul Razi: Indeks Literasi di Aceh Masih Rendah

Share:



Laporan: M. Ramadhan

WASATHA.com Banda Aceh- Puluhan mahasiswa ikuti kuliah umum mengenai lemahnya Indeks Literasi. Acara tersebut berlangsung di Aula Rektorat Uin Ar-Raniry Banda Aceh, Jum'at (13/12/2019).

Kuliah Umum Literasi yang mengusung Tema "The Power of Literasi" ini diisi oleh senator  asal Aceh, Fachrul Razi yang dihadiri para mahasiswa dari beberapa kampus di Banda Aceh
Fachrul Razi menyampaikan kesedihanya terhadap lemahnya Indeks Litersi yang ada di aceh saat ini, baik itu dari segi apapun terlebih anak mudah yang berada khususnya di sini (Aceh).

Menurut Senator muda itu " Saat ini indeks literasi di Aceh sangat rendah, terlebih pada anak muda Aceh yang kepeduliannya terhadap membaca sangat rendang, hal ini juga mempengaruh kemampuan literasi, bahkan saat ini Aceh memiliki presentase buta aksara yang lumayan tinggi yaitu 1% dari jumlah penduduk Aceh yang berjumlah lima juta jiwa, yang berarti sekitar lima ratus ribu masyarakat aceh masih buta aksara", Ujarnya.

Senator muda tersebut juga hadir untuk memberika solusi dengan membawakan ide,dan   membuat sekolah Literasi yang akan di ciptakan oleh dirinya untuk meningkatkan Literasi khususnya di Aceh, dengan mencitakan, "one bedroom, one library" yang di harapkan dengan gerakan ini mampu mencipkatan minat membaca masyarakat aceh, untuk meningkatkan Literasi di Aceh.

No comments