210 Anak Ikuti Jambore Dinsos Aceh di Saree

Share:


WASATHA.COM, ACEH BESAR – Sebanyak 210 anak dari beberapa Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) atau panti asuhan di Aceh ikut terlibat pada kegiatan Jambore Anak 2019 yang dilakukan oleh Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh mulai hari ini, Sabtu 3 sampai dengan Minggu 4 Agustus 2019 besok di Lapangan BLPP Saree, Aceh Besar.

Kegiatan yang akan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM besok hari, Minggu (4/8/2019) yang dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Penggerak PKK Aceh Dr. Ir Dyah Erti Idawati, MT, dan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Prof. Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si.

Kasie Rehabilitasi Anak dan Lansia Rita Mayasari, A.KS., MPS.Sp selaku pelaksana kegiatan mengatakan, acara tersebut masih rangkaian memperingati Hari Anak Nasional 2019.

Selain itu, ia menambahkan kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memberikan ruang dalam mengembangkan minat, bakat, aktualisasi diri anak-anak yang berada dalam lembaga pengasuhan anak atau panti asuhan.

“Kegiatan jambore anak ini adalah sebuah acara yang membuat situasi menyenangkan dan tidak bosan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam kegiatan ini juga dihadirkan permaian-permainan tradisional khas Aceh dengan pendalaman nilai-nilai filosofi dari permainan tersebut, serta mendesain sebuah konsep acara yang akan menumbuhkan nilai-nilai kesepakatan, kesamaan, kedisiplinan, tanggungjawab, keberanian dan saling menghargai bagi anak-anak.

Menurutnya, kegiatan jambore ini merupakan subjek dan mempunyai peran aktif bagi anak-anak di dalamnya.

“Hari ini kita fokusnya membangun kesepakatan, kebersamaan, keterbukaan, dan spontanitas, dan pengenalan diri sampai siang hari. Selanjutnya ada proses pengelompokan, anak-anak akan mencoba tantangan-tantangan dengan permainan tradisional, dan memberikan apresiasi kepada seluruh anak yang berprestasi,” pungkas Rita. Turut terlibat dalam kegiatan tersebut seluruh pejabat Eselon III dan IV Dinas Sosial Aceh. []

No comments