Jelang Lebaran Harga "Kareng" Melambung Tinggi

Share:

WASATHA.COM, ACEH BESAR - Harga sejumlah bahan pokok menjelang lebaran Idul Fitri 2019 terpantau stabil.ada beberapa bahan pokok yang sangat menjadi kebutuhan utama masih ada kenaikan seperti bawang dan cabai merah. Lambaro  Aceh Besar,  Senin (3/6/19).

Harga daging di Pasar Lambaro masih diharga standar, tidak ada kenaikan yang signifikan. Tetapi apa yang terjadi pada ikan kering, terutama ikan teri kering atau biasa disebut "Kareng" oleh orang Aceh.

Meugang kali ini harga ikan teri mengalahkan harga daging yang sudah menjadi prioritas setiap orang terutama di Aceh Besar.

Salah satu penjual di Pasar Lambaro Aceh Besar Suhaimi, mengatakan "hari ini harga jual teri medan atau teri nasi tembus kisaran Rp. 130.000 hingga Rp.  140.000 per Kilogram (kg). Sedangkan Teri jengki yang berukuran kecil-kecil hampir menyerupai teri nasi mengalami kenaikan harga yang fantastis,  harga per kilogramnya mencapai Rp.  240.000 hingga Rp.  250.000".

"Naiknya harga kelompok ikan teri ini karena banyak diburu pembeli untuk persiapan dihari lebaran dijadikan stok, karenakan biasanya beberapa hari saat lebaran, pasar belum ramai penjual,  begitu pula penjual ikan segar belum menjual ikan di kampung-kampung",  ujar Suhaimi saat ditemui di Pasar Lambaro.  (ulfa harda)

No comments