Meugang Sambut Ramadhan, Harga Daging Melonjak Drastis di Pasar Ulee Kareng

Share:
Tradisi meugang sambut Ramadhan, harga daging melonjak drastis di pasar Ulee Kareng, Sabtu (4/5/2019). (Foto: Maghfirah)



WASATHA.COM, Banda Aceh -  Memasuki tradisi meugang menyambut bulan Ramadhan 1440 H, harga daging di sejumlah pasar tradisional melonjak drastis, seperti yang terlihat di pasar Ulee Kareng, Banda Aceh, Sabtu (4/5/2019).

Harga daging meugang pada hari pertama menyambut bulan Ramadhan di pasar Ulee Kareng untuk jenis daging sapi dijual Rp 160.000/Kg. Sebelumnya, daging sapi dijual pada kisaran Rp. 130.000/Kg.

Syahrial (28), pedagang di pasar Ulee Kareng, mengatakan sejak pagi harga daging jenis sapi sudah melonjak drastis, dibandingkan dengan harga daging sapi sehari sebelum menjelang tradisi meugang.

“Permintaan daging meugang pada hari ini sangat tinggi, dibandingkan hari biasa, lonjakkan harga seperti ini juga sering terjadi setiap tahun menjelang tradisi meugang,” kata Syahrial salah satu pedagang daging sapi di Pasar Ulee Kareng.

Syarial menambahkan, harga jual yang tinggi pastinya berdasarkan dari harga beli ternak. Bila menjelang tradisi meugang, harga beli ternak juga melonjak dratis. Sehingga, sebagai pedagang ia juga harus menyesuaikan harga pasar dan harga beli ternak.

Ia juga mengatakan, bila hari biasa ia hanya menjual satu ekor sapi. Namun, bila di hari meugang ia dapat menjual dua ekor bahkan lebih, tergantung pada permintaan konsumen.

Diperkirakan permintaan daging pada meugang hari kedua, Minggu (5/5/2019) akan lebih tinggi. Tentunya pedagang sudah menyiapkan persedian daging lebih banyak.  [Maghfirah]

No comments