Ini Peringatan BMKG Terkait Tinggi Gelombang Laut di Aceh

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pesisir agar tetap waspada terhadap cuaca buruk yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia akhir-akhir ini.

Hal tersebut diperkiran  akan berpeluang terjadinya gelombang air laut setinggi 1.25 – 2.5 meter di beberapa wilayah pesisir termasuk Aceh.

Peringgatan Dini Gelombang Tinggi dikeluarkan BMKG pada Minggu pagi, (23/12/2018). Dalam surat edarannya, BMKG menginformasikan terdapat pola tekanan rendah 1006 hPa di Samudera Pasifik utara Halmahera.

Pola angin umumnya bergerak dari barat laut pada wilayah Indonsia bagian utara dengan kecepatan angin berkisar antara lima sampai dengan 20 knot. Sementara di bagian selatan Indonesia, angin bergerak dari barat daya – barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara  lima sampai 25 knot.


BMKG memantau kecepatan angin tertinggi berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian barat, Laut Sulawesi, perairan utara Halmahera hingga Papua. Kondisi ini dapat mengakibatkan peninggkatan gelombang tinggi di beberapa wilayah termasuk pesisir Aceh.


Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area pantai yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu tetap wasapada. []

No comments