Ini Akibat Jika Kita Suka Berbohong

Share:
Foto Ilustrasi
RASA takut bisa membawa seseorang kepada perbuatan berbohong. Mengapa demikian? Karena, salah satu hal yang paling sulit dilakukan manusia adalah ‘jujur kepada orang yang di takuti’. Seperti kata Ali bin Abi Thalib :

“Amalan perbuatan yang sungguh paling berat ada empat, yaitu : Memberi maaf disaat marah, berbuat baik dikala susah, berbuat ta’at dikala sendiri, berkata benar (jujur) terhadap orang yang ditakuti atau diharapkan jasanya”

Rasa takut biasanya muncul dari pengalaman buruk berinteraksi dengan seseorang. Hal buruk pernah terjadi di masalalu membuat kita takut akan terulang kembali jika kita jujur. Oleh karenanya, banyak sekali orang berbohong dengan alasan ini.

Padahal, sekali berbohong, orang akan menganggap kita selalu berbohong bahkan kita berada di posisi sulit di percaya kembali. Entah mengapa, rasanya semboyan ini disetujui semua orang. Termasuk diri kita juga, jika ada yang pernah berbohong pada kita, di masa yang akan datang kita sulit untuk mempercayainya. Walaupun mungkin dia sudah berubah. Kita tidak tau dia berubah, yang kita tahu, dia pernah berbohong. Titik.

Jika dilihat dari konteks ini, berbohong sebenarnya merugikan diri sendiri bukan?

“Sesungguhnya yang mengadakan kebohongan ialah orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah dan mereka adalah orang yang pendusta.”
(Q.S An-Nahl 105)

Berbohong mungkin akan menyelamatkan kita sesaat. Tetapi akan mendatangkan keburukan di kemudian hari. Ketika orang lain mengetahui kebenarannya, saat itulah aib kita telah terbongkar.

Kebanyakan manusia takut pada atasan, takut pada bos dan lain sebagainya, tapi pernahkah kita berfikir? siapa yang pantas untuk kita takuti.

Bukankah kita percaya bahwa hanya Allah yang maha membolak-balikkan hati manusia?
Mengapa kita takut?
Mengapa kita tidak berlindung kepada yang maha membolak-balikkan hati?

Berjuanglah untuk jujur, meski akan ada beribu kemungkinan buruk yang akan terjadi. Yakinlah, kejujuran akan mendatangkan kebaikan. Sedangkan kebohongan hanya akan mendatangkan keburukan bagi kita. Wallahu’alam.[Nur Halimah]*Dhi