Enam Akhlak Yang Patut Dikerjakan Muslimah

Share:
FOTO:wasatha.com/Ermit

WANITA merupakan anugerah yang terindah yang diberikan oleh Allah SWT. Apalagi dihiasi dengan iman dan akhlak yang baik. Karena sesungguhnya akhlak yang baik adalah tiang kehidupan bagi muslimah, dialah sumber kebahagiaan. Jika kita di anugerahi akhlak yang baik niscaya kita telah dianugerahi segala kebaikan begitu juga sebaliknya.

Rasulullah SAW bersabda kepada orang yang datang kepadanya dan bertanya tentang kebaikan.

“ kebaikan adalah budi pekerti yang baik.” ( HR Muslim)

Kemudian Rasulullah SAW juga bersabda ketika menjelaskan mulianya budi pekerti yang baik.

“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan yang paling dekat tempatnya dariku di hari kiamat adalah orang yang baik budi pekertinya.” ( HR Bukhari)

Jadi akhlak yang baik itu dapat di peroleh dengan kebiasan yang berkesinambungan. Karena itu, biasakanlah untuk melakukannya dan teruslah berbudi pekerti yang baik, insya Allah kesuksesan akan di raih.

Yang Patut di Kerjakan Muslimah

Pertama, Bersabar. menguatkan diri untuk taat kepada Alllah dan Rasul-Nya, mengerjakan amalan-amalan yang baik tanpa merasa jemu. Dan menjauhkan diri dari perbutan-perbuatan maksiat dan semua akhlak yang jelek.

Kedua, Berpalinglah dari segala perkataan jelek yang kita dengar, juga gerakan yang tidak baik. Jangan pernah membalas kejelekan dengan kejelekan, tetapi balaslah dengan kebaikan. 

Dengan begitu kita bisa lebih mengerti mereka, bagaimana mempergauli mereka dengan baik. 

Allah SWT berfirman:

“Jadilah pemaaf dan suruhlah orang yang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh” (AL-Isra’:199).

“…Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik , sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia. Dan (sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar”. (Fushshilat:34-35)
“Maka berpalinglah dari mereka dan katakanlah, “Salam (selamat tinggal)”. Kelak mereka akan mengetahui (nasib mereka yang buruk).” (Az-Zukhruf: 89).

Ketiga, Konsisten dengan sifat yang malu karena malu itu adalah sebagian dari iman. Malulah kepada Allah dengan sebenar-benarnya karena Dia tidak menyaksikan kita ketika melakukan yang Dia benci. Malulah kepada malaikat dan jangan membuka tabir dalam suasana sepi. Malulah kepada suami, keluarga, dan juga orang lain. Karena malu itu adalah baik, tidak ada yang datang darinya kecuali kebaikan. Karena itu tutuplah kecantikan kita, jangan memperlihatkannya di depan kerabat kita.

Keempat, Jadilah orang dermawan. Jangan pernah kikir dengan sisa makanan, minuman, pakaian, dan obat-obatan. Dermawanlah dalam kebaikan, jauhilah sifat kikir. Baik dengan sedikit maupun banyak bersedekah. Pergauilah tetangga dengan baik sebagaimana kita berbuat baik kepada kerabat sendiri. Ketahuilah, sesungguhnya  Allah bersama orang-orang berbuat baik.

Kelima,  Utamakan orang lain. Sesungguhnya itsar (mengutamakan orang lain) termasuk akhlak orang-orang saleh dan ciri-ciri orang yang dapat dipercaya.

Keenam,  Konsisten dengan sikap diam yang baik. Jangan berkata kecuali dengan perkataan yang baik. Biasakan untuk tenang, baik dalam berpakain, berjalan, duduk, bekerja, dan berbicara. Pelan-pelan dan bersabarlah. Jangan marah dan gelisah. Jangan bersenang-senang hingga melewati batas. Akan tetapi pujilah Allah SWT, pujilah nikmat-Nya, dan perbanyakkanlah syukur serta pujian kepada-Nya.

Itulah beberapa akhlak yang baik yang patut kita kerjakan, maka hiasilah diri kita dengannya. Niscaya kita akan menjadi sempurna dan bahagia. Sesungguhnya Allah selalu bersama kita dan tidak akan meninggalkan kita. Karena Allah senantiasa bersama orang orang yang bertaqwa dan beramal kebaikan. [Ermit Salisda] / Tek

Baca Juga:

Sepuluh Ciri Muslimah Sejati