Iklan

Iklan

Pascasarjana UIN Ar-Raniry Lahirkan Doktor ke-122

6/18/20, 18:28 WIB Last Updated 2020-06-18T12:17:16Z

WASATHA.COM, BANDA ACEH  Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry kembali melahirkan doktor yang ke-122 pada bidang Pendidikan Agama Islam. Pada sidang promosi, Kamis (18/6) promovendus Effendy JJ Putra berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Strategi Teungku Dayah dalam Pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Tradisional di Aceh”.

Sidang terbuka dalam rangka promosi Doktor, S-3 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), tersebut dipimpin oleh Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. Warul Walidin. AK,MA.

Hasil penelitiannya, Effendy menunjukkan adanya peningkatan animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan anaknya pada dayah tradisional. Ia juga memaparkan jumlah santri pada dayah tradisional yang terus meningkat saaat ini.

“Hal ini didukung oleh manajemen kepemimpinan Teungku Dayah sudah mulai terbuka, sehingga pelimpahan wewenang sudah didistribusikan kepada masing-masing level kepemimpinan untuk mengambil keputusan,” katanya,

Temuan lainnya, santri-santri di dayah sudah ditempatkan sesuai kemampuan berdasarkan hasil tes ketika ujian masuk, penerapan kurikulum pembelajaran mengikuti kurikulum nasional dengan penambahan kurikulum berbasis dayah yang diajarkan pada sore hari atau malam hari,” terang Effendy.

Ia menjelaskan dari hasil temuannya itu, bahwa pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana dilakukan secara terbuka dan dipertanggungjawabkan secara periodik kepada masyaraka, termasuk pengumuman setiap Jumat.

Effendy J. Jaraputra, SH., S, Sos., M. Si, yang saat ini tercatat sebagai salah orang Widyaiswara Ahli Madya pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh.

Ketua Prodi PAI, Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Yusra Jamali, mengatakan, Majelis sidang terbuka terdiri dari Prof. Dr. Warul Walidin. AK, MA selaku ketua sidang, Prof. Dr. Mukhsin Nyak Umar, MA selaku sekretaris, Prof. Dr. M. Hasbi Amiruddin, MA dan Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M. Ed masing-masing sebagai promotor, Prof. Dr. Azman Ismail, MA, Dr. Gunawan Adnan, MA, dan Dr. Syabuddin Gade, M. Ag, masing-masing sebagai penguji. 

Sedangkan Prof. Dr. Abdul Mukti, MA (Wakil Rektor bidang akademik dan kelembagaan UIN Sumatra Utara), sebagai penguji luar menggunakan fasilitas daring.  []



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pascasarjana UIN Ar-Raniry Lahirkan Doktor ke-122

Terkini

Topik Populer

Iklan