"IANPreneur" Pamerkan Produk Mahasiswa Ar-Raniry

Share:

WASATHA.COM, Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan mutu dan kreativitas mahasiswa pada bidang kewirausahaan, Prodi Ilmu Administrasi Negara (IAN) menggelar IANPreneur di Halaman Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UIN Ar-Raniry, Kamis (10/1/2019).

Kegiatan bertajuk “Yuk Jadi Pengusaha Sebelum Sarjana” itu, memamerkan
berbagai produk kerajinan dan beberapa hasil karya dari para mahasiswa.

Selain bazar juga diadakan talkshow dengan menghadirkan beberapa narasumber, seperti Ridha Mafdhul, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) Aceh, dan Afdhal Khalilullah Mukhlis, Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banda Aceh, serta CEO Parfume LAKI, Muhammad Fadil.

Siti Nurzalikha, Dosen Prodi IAN mengatakan, acara tersebut sebagai perwujudan dari mata kuliah Entrepreneurship yang dibentuk menjadi 20 kelompok dan menghasilkan masing-masing produk karya-nya.

“Para Mahasiswa setelah lulus pemikirannya tidak harus selalu menjadi PNS, mereka harus mengubah pola pikir dan mencoba untuk membangun sebuah usaha serta memproduksi karya-karya yang bisa menghasilkan,” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Reza Idria, Ketua Prodi IAN, mahasiswa ketika lulus tidak harus menganggur ataupun menunggu lapangan pekerjaan, tetapi harus berani untuk membuka suatu lapangan pekerjaan atau membuat produk yang mempunyai daya jual dan menarik serta bisa untuk dikomersilkan.

“Kita berharap dengan adanya acara ini bisa menjadi motivasi bagi para mahasiswa untuk berjiwa kewirausahaan mulai dari bangku kuliah, jangan hanya berwirausaha ketika sudah lulus nanti,” harapnya.

Mahasiswa IAN, Amuji Ade mengatakan acara seperti ini sangat perlu diselenggarakan agar bisa menumbuhkan semangat untuk membuat karya yang kreatif dan bernilai jual.

“Dengan dihadirkannya para narasumber yang sukses pada bidang kewirausahaan, kami mendapat banyak ilmu tentang berwirausaha dan menjadi suatu penyadar, bahwa untuk jadi pengusaha tidak harus menunggu tamat kuliah,”  ujarnya.



Pihak Fakultas dan seluruh jajaran serta lembaga kampus di lingkungan Fisip juga mendukung penuh kegiatan tersebut.

Dr Ernita Dewi, Dekan Fisip sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia juga mengatakan, IANPreneur sangat bagus untuk membentuk karakter mahasiswa agar memiliki jiwa kewirausahaan yang baik, serta dapat memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi untuk mempromosikan hasil kreasinya.

“Kedepannya kami akan berupaya mendorong mahasiswa untuk mengembangkan diri dengan melihat kegiatan ini secara kritis sebagai peluang bisnis disamping mengembangkan ilmu pengetahuannya,” pungkas Dekan Fisip.


[Mabrur, Syahril Ramadhan]

No comments