Mahasiswa PMI KESOS UIN AR-RANIRY dan VOPIS Bantu Korban Banjir Aceh Tenggara

Share:


WASATHA.COM, Banda Aceh – Sebanyak 20 Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Kesejahteraan Sosial (KESOS), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), menjadi relawan yang berangkat ke Aceh Tenggara dalam upaya membantu korban bencana banjir beberapa  waktu lalu.

Para relawan yang berangkat ini dilepaskan oleh Wakil Dekan II FDK, Zainuddin T, dan Ketua Prodi PMI, Rasyidah, pada Jum’at (07/12/2018) di Fakultas setempat.


Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan PMI, Jefri Kurniawan saat dihubungi via telepon pada Sabtu (08/12/2018), mengatakan bahwa yang berangkat jadi relawan kali ini dibantu juga oleh jurusan KESOS dan Lembaga VOPIS (Volunter Peduli Sesama).


“Kami kesana untuk membantu para korban banjir, dan ini berangkat tidak seluruhnya dari jurusan PMI, tapi ada dari jurusan KESOS, serta VOPIS  yang ikut serta dalam menolong saudara kita di sana,” terangnya.


Beberapa korban banjir ada yang kehilangan rumahnya karena terbawa arus, dan masih banyak juga rumah yang terendam. Sebagian korban mengungsi ke posko dan beberapa diantaranya menumpang di rumah kerabat yang tidak terkena banjir.


Para relawan juga mengantarkan barang bantuan ke posko yang ada di Desa Kayu Mentagur, Kecamatan Keutambe, A­ceh Tenggara.


Setelah diguyur hujan deras beberapa waktu lalu, kini situasi dan kondisi sekarang sedang ada pembersihan dan pengerukan untuk aliran air yang masih mengalir dari gunung.


Selain membantu para korban dan membersihkan lokasi bencana, mereka juga melakukan kegiatan Sosialisai dan Trauma Healling kepada warga yang menjadi korban bencana.


Tadi sore kami  juga ikut membantu para relawan dari Aceh Tenggara untuk membungkus dan membagikan nasi, kami juga melaksanakan beberapa kegiatan, seperti Trauma Healing kepada anak- anak yang terkena bencana banjir, dan ada juga sosialisasi kepada para korban,” Pungkasnya. [Melli Saputri, Mabrur]

No comments