Kuah Beulangong, Masakan yang Tak Pernah Absen di Peringatan Maulid Nabi

Share:
Kuah Beulangong | Wasatha/M.Fadhil

WASATHA.,COM BANDA ACEH – Memperingati maulid nabi sudah menjadi tradisi umat Islam di dunia , maulid nabi sendiri  ialah memperingati hari kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW.

Setiap orang yang memperingati pasti sangat antusias. Banyak hal yang dilakukan, seperti berdoa, berzikir, kasih makan anak yatim, mengundang kerabat dan banyak hal lainnya.

Namun, yang jadi hal menarik dalam pelaksanaan maulid di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar yaitu masakan kuah beulangong. Kuah beulangong ini menjadi yang tak pernah absen disetiap acara maupu kenduri yang dilaksanakan.

Kuah beulangong merupakan masakan tradisional masyarakat Aceh. Dari dulu hingga sekarang kuah beulangong selalu diminati oleh masyarakat Aceh. Rasanya yang lezat membuat setiap lidah yang merasakan akan dibuat ketagihan. Adapun sekarang kebanyakan wisatawan luar Aceh sangat menyukai kuah beulangong hingga turis manca negara pun sekalian.

Cara membuat kuah beulangong khas Aceh terbilang mudah. Daging yang sudah dipotong kecil-kecil lalu dicuci bersih dan dimasukkan ke dalam kuali besar atau Beulangong. Aduk dengan bumbu di atas sampai merata, dan tidak lupa di taburkan garam yang sesuai. 

Selanjutnya siram dengan air secukupnya, lalu aduk lagi menggunakan tangan. Selanjutnya tunggu daging hingga setengah matang dan juga bumbunya khas rempah dari Aceh yang di racik khusus oleh orang Aceh meresap sempurna.

Selanjutnya masukan buah nangka muda atau orang aceh sebut  boh panah  atau bisa juga di tambah dengan buah pisang kapok yang telah di potong kecil-kecil. Lalu masukkan ke dalam kuali bersama bawang yang telah dikupas dan juga telah diiris. Tambahkan sedikit air lagi, dan biarkan masakan mendidih sempurna.

Tak lengkap rasanya jika disebuah acara di Aceh tidak menggunakan masakan kuah beulangong. Seperti halnya teh tanpa gula yang memiliki rasa pahit, begitulah acara masyarakat Aceh tanpa kuah beulangong. [Abdul Handika]




No comments