Ini Dia Orang Aceh yang Bertemu Khabib Nurmagomedov

Share:

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Gamal Achyar dan Muhajir adalah warga Aceh pertama yang langsung bertemu dengan petarung fenomenal, Khabib Nurmagomedov asal Rusia. 

Pertemuan Gamal dengan Khabib Nurmagomedov berlangsung singkat di lobi salah satu hotel di Makkah Al Mukarramah, Selasa (20/11/2018).

Kepada wasatha.com, Kamis (23/11/2018) melalui fasilitas chating WhatsApp, Gamal mengatakan, pertemuan itu berlangsung tidak disengaja. 

"Kebetulan saya sedang memandu jamaah umrah di Makkah, Selasa malam pulang menuju hotel saya tertarik dengan kehadiran empat orang berjubah sementara satunya berbaju olahraga," kata Gamal.

Keheranan itu, rupanya menjadi kejutan bagi Gamal, karena sosok yang ia lihat adalah petarung muslim yang menghebohkan dunia saat ia berhasil melumpuhkan kesombongan petarung yang sering mengejek dan memprovokasinya menjelang pertandingan.

Gamal mengaku mendapat respons positif saat ia mengikuti Khabib dari belakang. 

"Khabib langsung ajak saya dan kawan dari Aceh juga untuk berfoto, come come come, ayo selfie" katanya.

Kesempatan itu, ia manfaatkan berkenalan singkat dan Khabib cukup ramah kepada siapa yang ia temui selama di Mekkah.

Gamal adalah dosen pada Fakultas Hukum dan Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh. Saat ini ia berada di Makkah sebagai pemandu umrah Hasara Berkah.

Nama Khabib memang sedang melambung di kalangan para pecinta Mixed Martial Art (MMA). Khabib berkebangsaan Rusia itu berhasil mengalahkan megabintang UFC, Conor McGregor. 

Di usianya yang sudah 30 tahun, Khabib sukses menghentikan perlawanan Conor McGregor melalui cekikan di leher dan memaksanya menyerah setelah memberi isyarat kepada wasit.

Nurmagomedov lahir 20 September 1988 di desa Sildi Distrik Tsumadinsky, Dagestan, Rusia. Kawasan ini adalah daerah otonomi pecahan Uni Soviet. 

Kecintaan Nurmagomedov terhadap Islam dan negarnya tidak bisa ditawar. Sikap ini lah yang membuatnya tidak mampu menahan emosi menghadapi provokasi kubu McGregor. 

Menurutnya, McGregor dan rekan-rekannya telah menghina agamanya, orang tua, dan negaranya sehingga membuatnya hilang kendali dan melancarkan serangan usai laga.
"Saya ingin mengubah olahraga ini. Saya tidak ingin orang-orang bisa bicara sembarangan tentang lawannya. Tentang ayah, agama. Anda tidak bisa mengomentari agama dan negara. Bagi saya ini sangat penting," ujar Nurmagomedov dalam jumpa pers usai duel. 

Provokasi yang dilakukan kubu McGregor memang membuat Nurmagomedov hilang kendali. Usai laga, dia melompati oktagon dan menyerang kubu McGregor.

Aksi ini bertambah parah, setelah tiga orang menyusup ke dalam arena dan menyerang McGregor membabibuta.

No comments