Juriska Mahasiswi Penghasil Rupiah

Juriska Sedang Me-make up Noviyanti


BANDA ACEH - Sukses di usia muda, Juriska Mauliza yang akrab disapa Juju adalah mahasiswi yang masih berusia 20 tahun dan bekerja part time sebagai penata rias, dengan keuntungan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya, ia  telah mampu memberangkatkan kedua orangtuanya umrah.

Ketertarikan Juju terhadap seni tata rias dimulai saat ia berusia 15 tahun yang kala itu masih menjadi salah satu santri di pesantren terpadu Oemar Diyan, saat itu juju hanya iseng-iseng merias juniornya semasa di pesantren, tetapi saat ini ia sudah sangat professional di bidang yang digelutinya ini.

Juriska mengatakan kemampuannya di bidang make up mulai terlihat saat juniornya terlihat puas dan memberi bayaran hingga Rp 800.000,- kepadanya, ia pun sempat kaget ketika itu.

 “Gak nyangka juga dibayar segitu banyak. Padahal sebelumnya, selama tiga tahun berturut-turut saya ga pernah dibayar, karena Juju fikir cuma make up-in junior saja ngapain dibayar gitu”, Kata juriska bercerita.

Setelah lulus dari pesantren terpadu Oemar Diyan pada tahun 2016, Juju mulai mencintai hobinya ini, walaupun masih ada sedikit keraguan. Setalah berdiskusi dengan orangtuanya ternyata orangtua Juju memberika dukungan secara penuh kepadanya, akhirnya juju memberanikan diri  menggeluti lebih dalam dunia tata rias dan busana.

Dengan bermodalkan uang kurang dari 3 juta rupiah dari pemberian orangtua, juju membeli peralatan make up. Dengan peralatan make up seadanya, ia  mendirikan sebuah salon kecantikan di lantai 2 tempat tinggalnya yang diberi nama Juju Make Up. beralamatkan di Jl. Tgk Hasan Krueng Kale No. 53 Peunayong Banda Aceh. Namun, saat ini ia sedang membagun salon kecantikannya sendiri di Lambaro Skep.

 Meski masih berstatus sebagai mahasiswi UIN Ar-Raniry  ia mengatakan dunia tata rias ini sudah menjadi bagian dari dirinya dan tidak ada kendala berarti terkait jadwal kuliah dan banyaknya tugas kuliah yang harus diselesaikan.

“kalau orang-orang bosan, capek, mut-mutan mereka memilih liburan, kalo Juju sedang bosan, capek, lelah make up aja. Itu sudah membuat Juju lebih baikan dan lebih tenang”, Kata Juju.  

Dalam sehari, juju mampu merias 7 orang wisuda atau 2 orang untuk resepsi pernikahan. Tak tanggung-tanggung, ia pernah merias penari massal hingga 20 orang dalam sehari.
Tidak hanya masyarakat biasa, ia juga pernah dipercaya untuk merias ibu Darwati Agani di hari pelantikan suaminya bapak Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh 2017 silam. sekarang ia dipercaya sebagai penata rias Agam Inong Kabupaten Aceh Barat Daya
.
Untuk tarif, Juju mematok harga bekisar antara Rp 250.000,- ribu hingga 5 juta rupiah per orang tergantung jenis alat make up dan aksesoris yang digunakan.

 “Kalau lagi sepi biasanya 10-13 jutaan, bulan Juni lalu saya mendapatkan sekitar 15 jutaan, Juli 16 jutaan, dan saya pernah memperoleh hasil kurang lebih 28 juta rupiah pada bulan Agustus 2018”, Ucapnya.

Tak terhitung, berapa rupiah sudah dikumpulkannya, dengan jerih payahnya, ia sukses menjadi salah satu gadis muda mandiri di Provinsi Aceh.

Diusianya yang masih muda, Juju sudah memperoleh beberapa pengahargaan, diantaranya menjadi juara 1 Glammor Make Up di ajang Ekpo Inkubator Unsyiah dan juga sebagai Juara 2 pada lomba tata rias pengantin tingkat Provinsi Aceh.

Tidak hanya ahli dan berprestasi di dunia tata rias dan busana, juriska juga pintar me-manage waktunya, walaupun terlihat sangat sibuk kuliah dan merias pelanggan, ia masih sempat menyisihkan waktu untuk teman dan keluarganya. [Burnawi]

Juriska Mahasiswi Penghasil Rupiah Juriska Mahasiswi Penghasil Rupiah Reviewed by Khairul Azmi on October 30, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.