Ustaz Ilham Maulana: Persaudaraan tak Membutuhkan Kepangkatan

Dr rer. nat Ilham Maulana 

WASATHA.COM, BANDA ACEH -  Persaudaraan di dalam Islam tidak membutuhkan status kepangkatan seseorang, bersaudara itu harus dipupuk dengan kesetaraan tanpa memandang jabatan.

"Allah Subhanahu wa ta'ala tidak memandang kedudukan kepangkatan seseorang, Islam menjunjung tinggi persaudaraan, " kata Ustadz Dr rer. nat Ilham Maulana dalam taushiyah singkat pada acara Halal hi halal Parasunda Aceh di Aula Fakultas MIPA Unsyiah, Ahad (29/7/2018). [BACA: Aminullah Usman Ajak Warga Sunda Promosikan Wisata Aceh]

Ustaz Ilham mengulas arti penting silaturahmi dan merekatkan ikatan kekeluargaan dalam Islam. Kaitan dengan Komunitas Parasunda, ia mengulas arti saling memahami antar perbedaan.

Menurutnya, orang-orang yang sekali tidak pernah keluar dari komunitas aslinya dan berdiam diri, biasanya sering salah sangka atau menaruh kesan negatif atas perbedaan.

"Sering ada paradigma salah jika kita tidak keluar dan mau mengenal keragaman, termasuk mengenal Paguyuban Parasunda di Aceh," katanya.

Menuru Ilham Maulana, jika kita bersilaturrahmi dan saling mengenal satu sama lain, termasuk jika mengikat tali kekerabatan dengan suku yang berbeda kita akan belajar saling memahami satu sama lain.


"Saya yakin anggota Paguyuban Sunda ini tidak semua Sunda, tetapi telah bercampur. Ada yang bersuami Aceh atau sebaliknya beristeri Sunda, dengan begini kita akan banyak belajar satu sama lain dan jauh dari salah paradigma kepada saudara yang lain," ujarnya.

Ilham mengajak jamaah halal bi halal untuk terus bershilaturrahmi saling merekatkan persaudaraan tanpa melihat pangkat kedudukan.

"Allah tidak melihat kedudukan kepangkatan seseorang, tetapi Allah melihat ketaqwaan hambanya," kata Ilham Maulana.

Dalam Islam, menurut Ilham Maulana, ibadah haji mengajarkan hal itu. Semua jamaah haji bersama melepas kepangkatan selama beribadah Menghadap Allah Subhanahu wa ta'ala.

Halal bi halal Komunitas Sunda dihadiri keluarga besar Parasunda seluruh Aceh. Acara itu juga dihadiri Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, AK.

Terlihat juga perwakilan undangan dari komunitas Tionghoa Aceh,  dari para sesepuh Sunda generasi awal di Aceh.[]

Ustaz Ilham Maulana: Persaudaraan tak Membutuhkan Kepangkatan Ustaz Ilham Maulana: Persaudaraan tak Membutuhkan Kepangkatan Reviewed by WASATHA on Juli 29, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.