UIN Ar-Raniry Terima 1.722 Cama Dari 4.529 Peserta PMB Lokal


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry akan menerima sebanyak 1.722 calon mahasiswa melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal tahun 2018, sementara yang ikut tes berjumlah 4.529 peserta.
Jumlah tersebut merupakan sekitar 30 persen dari total mahasiswa UIN Ar-Raniry yang diterima pada masing-masing prodi.
Hal itu disampaikan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA usai melakukan monitoring pelaksaan PMB Lokal di Kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, Selasa (24/7/2018). Monitoring dilakukan untuk melihat langsung pelaksaan dan kondisi ril di lapangan.
Rektor menyebutkan pada tahun 2018 UIN Ar-Raniry akan menerima 5.740 calon mahasiswa baru, penerimaan tersebut dilakukan melalui empat jalur secara nasional, yaitu SNMPTN, SPAN PTKIN, SBMPTN, UM PTKIN dan jalur PMB Lokal ini, jumlah tersebut berdasarkan kuota yang dapat ditampung pada seluruh prodi di UIN Ar-Raniry.
“Pada jalur PMB Lokal ini, peserta dapat memilih seluruh prodi yang ada di UIN Ar-Raniry, yakni 42 prodi Strata satu (S1) dan 2 Diploma III, termasuk dua diantaranya prodi baru,” ujar Warul.
Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kelembagaan, selaku ketua panitia, Dr. Tgk. H. Gunawan Adnan, MA, Ph.D menyebutkan, peserta PMB Lokal tahun 2018 ini berjumlah 4.529 orang, terdiri dari 208 memilih IPA, 1.844 IPS dan 2.477 IPC, lokasi tes semua dipilih di kampus UIN Ar-Raniry.
“Pelaksanaan ujian dilakukan selama satu hari dengan materi ujian antara lain Tes Potensi Dasar meliputi tes potensi akademik, Bahasa dan Keislaman, selanjutnya tes potensi bidang IPA dan IPS serta kelompok IPC dengan materi sesuai dengan kelompok uji,” ujarnya.
Gunawan menyatakan, proses pelaksanaan ujian secara umum berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Dari laporan pengawas hanya sekitar 2 persen yang tidak hadir dengan berbagai alasan. Sementara itu, bagi peserta yang sakit saat mengikuti ujian, panitia juga telah menyiapkan petugas medis dan satu unit ambulace, mereka langsung ditangani pada klinik UIN Ar-Raniry.
“Tim akan terus bekerja, hasilnya akan diumumkan pada 1 Agustus medatang, pengumuman dapat dilihat pada Laman http://www.pmb.ar-raniry.ac.id/, selanjutnya calon mahasiswa yang dinyatakan lulus diharapkan dapat segera mendaftar ulang pada 2-13 Agustus 2018, ditegaskan bagi yang tidak mendaftar ulang pada jadwal yang telah ditentukan, maka tidak akan dilayani.” pungkas Gunawan. [Nat]

UIN Ar-Raniry Terima 1.722 Cama Dari 4.529 Peserta PMB Lokal UIN Ar-Raniry Terima 1.722 Cama Dari 4.529 Peserta PMB Lokal Reviewed by WASATHA on Juli 26, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.