Iklan

Iklan

Ribuan Warga Woyla Padati Safari Shubuh Pasca Ramadhan

6/18/18, 10:04 WIB Last Updated 2018-06-18T03:07:20Z

WASATHA.COM, MEULABOH - Sebuah perkara menakjubkan, ribuan jamaah padati Safari Subuh di Masjid Jami' Baitul, A'la Pasi Janeng, Woyla Timur, Ahad, 3 Syawal 1439 H bertepatan dengan 17 Juni 2018.

Kecamatan Pasi Janeng adalah wilayah pemekaran dari Woyla dengan luas 132,60 Km², dengan jumlah penduduk 4.640 jiwa,  Kepadatan 35 jiwa/Km², Desa/kelurahan 26 Gampong (Wikipedia), berjarak dengan kota Meulaboh  +- 65 KM.

Mustafa Husein Woyla, kontributor Wasatha.com dari Barat Selatan melaporkan, jumlah penduduk satu kecamatan Woyla Timur terkadang bisa kalah jumlah berbanding satu gampong di kota-kota di Aceh.



Pun demikian, jumlah penduduk ternyata tidak bisa menjadi tolak ukur makmurnya sebuah mesjid.

Safari Subuh dan Zikir itu diprakarsai oleh Jamaah Balee Manyang bekerjasama dengan perangkat desa gampong Pasi Janeng.

Sekira setengah jam sebelum azan berkumandang, para jamaah sudah berada dalam itikaf di mesjid sembari melanjutkan qiyamul lail secara munfaridan (secara individual bukan berjamaah).

Terlihat ada jamaah yang baca Al- Qur'an, wirid, zikir, tahajud, sunat wudhuk dan lainnya. Ada juga hanya berdiam diri (itikaf saja).


Setelah azan, jamaah serentak salat sunat fajar kemudian qadha subuh berjamaah, setelah itu baru melaksanakan salat subuh tunai.

Selesai salam imam zikir dipimpin langsung oleh Waled Abdullah Arif dan Tgk Zainal Abidin. Sementera muhasabah dan doa dipimpin oleh Tgk Hasbi.

Dalam doa dan muhasabah, para jamaah larut dalam tangisan tersentuh dengan doa yg diterjemahkan dalam bahasa Aceh.

Lebih pecah lagi ketika Tgk Hasbi mendoakan muslim Suriah dan Palestina.

Tgk Mukhtar, selaku geuchik Pasi Janeng yang didampingi Teuku Saifullah sebagai koordinator menyambut haru antusias warga hadir berduyun-duyun ikut serta dalam Safari Subuh ini.

"Semoga ini menjadi titik awal kebangkitan ummat Islam   di pucok (pedalaman) Woyla," tutup dan harap Tgk Mukhtar.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Warga Woyla Padati Safari Shubuh Pasca Ramadhan

Terkini

Topik Populer

Iklan