Pahala Dilipatgandakan, Ini Amalannya di Bulan Ramadhan



BULAN Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan amal dan ibadahnya pada bulan suci ini. Mengapa?

Sebab, pada bulan Ramadhan, pahala akan dilipatgandakan.  Nah, amalan apa saja yang dapat dilakukan?

Pertama, Qiyamul lail

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 37 dan Muslim, no. 759)

Kedua, Sedekah

Dalam shahihain, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau.

Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari, no. 3554; Muslim no. 2307)

Ketiga, Tilawah Al-Qur’an

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Jibril itu (saling) belajar Al-Qur’an dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap tahun sekali (khatam). Ketika di tahun beliau akan meninggal dunia dua kali khatam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa pula beri’tikaf setiap tahunnya selama sepuluh hari. Namun di tahun saat beliau akan meninggal dunia, beliau beri’tikaf selama dua puluh hari.” (HR. Bukhari, no. 4998)

Keempat, I’tikaf

Dalam hadits muttafaqun ‘alaihdisebutkan, “Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari, no. 2025; Muslim, no. 1171)

Mengenati aturan i’tikaf ini, disebutkan dalam Alquran.

“(Tetapi) janganlah kamu campuri mereka sedang kamu beri’tikaf dalam masjid“ (QS. Al-Baqarah: 187).

Kelima, Umrah Ramadhan

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallampernah bertanya pada seorang wanita, “Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”

Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya–ditunggangi suami dan anaknya. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari, no.1782; Muslim, no. 1256). | Islampos
Pahala Dilipatgandakan, Ini Amalannya di Bulan Ramadhan Pahala Dilipatgandakan, Ini Amalannya di Bulan Ramadhan Reviewed by Dhiya Urahman on Mei 17, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.