Iklan

Iklan

Akhmad Shunhaji: Kita Berdakwah di Zaman Generasi Y

5/11/18, 10:25 WIB Last Updated 2018-05-11T05:33:46Z
Dr Akhmad Shunhaji, MPd menerima Cinderamata dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Dr Kusmawati Hatta,


WASATHA.COM, BANDA ACEH – Staf Ahli Bidang Dakwah Kementerian Agama Islam Republik Indonesia, Dr Akhmad Shunhaji, MPd.I menegaskan profesi da’i ke depan semakin konfleks. Ia menyebut, saat ini para ustadz menghadapi generasi Y (Gen Y).

Generasi Y menurutnya adalah mereka yang lahir antara tahun 1980 hingga awal tahun 2000. Mereka biasa memiliki karakter yang perhatian pada dunia digital yang cukup tinggi.

“Mereka mulai meninggalkan media elektronik dan beralih ke media baru, yaitu media sosial,” ujarnya saat menjadi Keynote Speake pada Seminar Nasional Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI) di Meeting Room, Banda Seafood, Ulee Lheue, Banda Aceh, Jumat (11/5/2018)

Menurutnya, dalam kondisi demikian, dakwah memiliki tantangan dan peluang baru. 

Para pegiat dakwah memiliki peluang untuk memasyarakatkan penafsiran ayat-ayat al-Qur’an dan pemahaman terhadap hadis, serta sumber-sumber lain kepada masyarakat generasi Millenial dan Post Millenial.

Era ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi para penggiat dakwah. Mereka memiliki nilai-nilai baru yang diantaranya dipengaruhi oleh masyarakat dunia melalui media baru. Mereka memiliki kesepahaman dengan komunitasnya, yang terkadang nampak seperti bertentangan dengan norma-norma lama, bahkan aturan agama Islam,” jelas Akhmad Shunhaji.

Mengakhiri paparanya, ia menekankan kepada para peserta seminar yang terdiri dari para dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi dari seluruh perguruan tinggi Islam di Indonesia untuk terus berkreativitas dalam berdakwah menghadapi era millennial.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akhmad Shunhaji: Kita Berdakwah di Zaman Generasi Y

Terkini

Topik Populer

Iklan