Pengusaha Muda Turki, Ziarah Ke Makam Militer Utusan Khalifah Utsmani Di Bitai

Bünyamin Bahadir

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Bünyamin Bahadir, seorang pengusaha muda asal Turki, Selasa (10/4/2018) berziarah ke makam para tentara utusan Khalifah Utsmani Di Gampong Bitai, Emperom, Banda Aceh.

Ia akan berada di Banda Aceh hingga tiga hari kedepan.

Dalam lawatan ke Aceh, ia menyempatkan ziarah ke Kompleks makam para tentara Turki utusan Khalifah Yang dikirim semasa perang Aceh.

Bünyamin merupakan pengusaha muda asal Kota Bursa, Turki.


Ia ditemani Martunus Abdul Wahid, mahasiswa Aceh di Turki.

Dalam ziarah kubur itu, Bünyamin berdoa dan bershillaturrahmi dengan keluarga penjaga makam militer Turki di Bitai.

Kunjungan ini ia sebut sebagai kunjungan persaudaraan Turki-Aceh yang telah lama terjalin.

"Ia sedang di Malaysia dan tertarik ingin shilaturrahmi ke Aceh dan berziarah ke makam para tentara utusan Khalifah Yang dikirim semasa perang Aceh," kata Martunus, yang mendampingi Bünyamin selama berada di Banda Aceh.

Bünyamin saat ini sedang belajar Bahasa Inggris di Malaysia.

Turki ikut berjasa membantu Aceh memberikan perlengkapan perang di masa Pemerintahan Sri Sultan Salahuddin (Sultan Aceh kedua yang mangkat pada tahun 1548 M, hanya memerintah 28 tahun tiga bulan).

Orang Turki tyang pertama kali datang di Bitai, Banda Aceh itu bernama Muthalib Ghazi bin Mustafa Ghazi atau lebih terkenal dengan nama Tengku Syieh Tuan Di Bitai. 

Nama Bitai diambil untuk mengenang asal orang Turki tersebut dari Palestina atau Bayt Al-Maqdis 


Pengusaha Muda Turki, Ziarah Ke Makam Militer Utusan Khalifah Utsmani Di Bitai Pengusaha Muda Turki, Ziarah Ke Makam Militer Utusan Khalifah Utsmani Di Bitai Reviewed by WASATHA on April 11, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.