Islam Futura Adakan Workshop Tatakelola Jurnal Ilmiah



WASATHA.COM, BANDA ACEH - Jurnal Ilmiah Islam Futura Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Aceh dan ICAIOS mengadakan workshop tata kelola terbitan berkala ilmiah, Senin hingga Selasa (24/4/2018) di Pascasarjana UIN Ar-Raniry dan Ruang Seminar Anthony Reid, ICAIOS.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai puluhan pengurus jurnal di lingkungan perguruan tinggi dan non perguruan tinggi di Aceh antara lain: Universitas Syiah Kuala, UIN Ar-Raniry, Universitas Abulyatama, Universitas Serambi Mekah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES), STIKES Bustanul Ulum Langsa, Balai Bahasa Aceh dll.

Koordinator Relawan JurnaI Indonesia (RJI) Aceh, Dr. Anton Widyanto, MA, Ed.S mengatakan, pada kegiatan tersebut peserta dibagi menjadi dua kelompok agar lebih efektif karena langsung didampingi oleh  tim ahli dan tutor RJI Aceh yang berasal dari berbagai lembaga antara lain: UIN Ar-Raniry, Universitas Serambi Mekah, Universitas Abulyatama dan Universitas Malikussaleh.

Menurut Anton, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola jurnal ilmiah, sekaligus untuk mendongkrak gerakan literas dan publikasi ilmiah di Provinsi Aceh. 

Hingga tahun 2018, menurut Anton dari ratusan jurnal yang diterbitkan berbagai Lembaga di Aceh, hanya ada dua institusi yang memiliki jurnal terakreditasi nasional yaitu Unsyiah dan UIN Ar-Raniry.

“Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, karena tidak sebanding dengan kebutuan ribuan dosen, guru, peneliti dan tenaga fungsional lain di Aceh yang sangat membutuhkan media publikasi ilmiah yang berkualitas,” katanya.

Ia mengatakan, perubahan paradigma terbitan berkala ilmiah dari versi print ke versi online menuntut semua jurnal untuk saling bekerjasama, bahu-membahu dan saling membantu sama lain. Tanpa adanya keterbukaan, mau belajar dan berbagi ilmu, maka tentu akan sangat sulit membangkitkan kualitas jurnal di Aceh.

Islam Futura Adakan Workshop Tatakelola Jurnal Ilmiah Islam Futura Adakan  Workshop Tatakelola Jurnal Ilmiah Reviewed by WASATHA on April 25, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.