Ads Header

Breaking News

IKAT-YPAI Adakan Daurah Tahsin di Lhoksemawe


WASATHA.COM, LHOKSEUMAWE - Ikatan Alumni Timur Tengah Aceh bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Al Markazul Islami (YPAI) mengadakan Daurah Tahsin Al-Quran untuk sekitar 150 guru Al-Quran di Lhoksemawe.

Pelatihan ini diadakan di Hall Syamsuddin As-Sumatrani, Islamic Center, pada Sabtu Ahad 7-8 April 2018.

Dalam kata sambutannya, ketua YPAI Tgk.  Abdul Halim, Lc. LL.M menceritakan, yayasan itu berawal dari TPA yang digerakkan oleh remaja masjid.


"Karena santri terus bertambah, kemudian menjadi yayasan yang memiliki sekolah formal,  SDIT,  SMPIT,  dan Dayah Tahfizul Qur'an Islamic Centre. Sekarang, Alhamdulillah sudah ada 1.300 santri yang berada di bawah Yayasan PAI. Dengan Daurah Tahsin seperti ini,  kami berharap kemampuan para guru dalam mengajar Al-Quran terus meningkat," katanya

Ketua IKAT kota Lhoksemawe, Ust. Dedi Sukma, Lc mengatakan, pelatihan tahsin dari IKAT ini bermanfaat dan santai, karena para pemateri adalah orang Aceh,  dan memahami kondisi orang Aceh.


"Sebelumnya kita belajar tanpa ada metode khusus.  Sekarang alhamdulillah para guru sudah diperkenalkan metode Awsat dalam Tahsin Tilawah Al-Quran," ujar Ust. Dedi.

Mewakili Walikota Lhoksemawe, Tgk.  Maksalmina, MH  berharap pelatihan tahsin ini lebih banyak diadakan di Lhokseumawe.  Sehingga manfaatnya lebih besar.
"Mari kita mulai membangun Syariat Islam di Aceh dengan Al-Quran.  Bagaimana membangun syariat Islam,  jika baca Al-Quran saja belum bisa," katanya.

Dalam Daurah Tajwid di Lhoksemawe ini,  IKAT mengirim Tim Tahsin dari Banda Aceh,  yaitu Tgk. Mujtahid, Lc. MA,  Tgk. Ahmad Syukran,  Lc. MA, Tgk. Mahfuz An-Nur Lc,  Tgk. Muhammad Yasin Jumadi, Lc,  Tgk. Fakhrurrazi Usman,  Lc. dan Tgk.  Irwansyah,  Lc.

"Setelah Daurah Tajwid ini,  InsyaAllah mereka akan difollow up oleh Tim Tahsin IKAT Tingkat kota Lhoksemawe," demikian ujar Tgk. Dedi Sukma Al-Hafiz.

Tidak ada komentar