Dosen Indonesia Masih Didominasi Generasi X Alias Dosen Tua


WASATHA.COM, JAKARTA - Merujuk pada data Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dosen di Indonesia saat ini masih didominasi generasi X yang berusia 37 hingga 52 tahun. Padahal, menghadapi era revolusi industri perlu ada regenerasi dosen.

Direktur Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Dikti Profesor Alih Ghufron mencatat, jumlah dosen generasi X mencapai 142.020 orang. 

Sedangkan tenaga dosen generasi milenial yang berada direntang usia 18 hingga 36 tahun hanya sebanyak 113.965 dosen.

"Dari data itu kita bisa lihat adanya gap antara pengajar generasi X dengan generasi milenial. Maka dari itu, dosen-dosen di Indonesia mesti melakukan perubahan agar pendidikan kita tidak tertinggal," ungkap Ghufron seperti diberitakan Republika.co.id , Kamis (19/4/2018).

Minimnya dosen generasi milenial, menurut Ghufron cukup berpengaruh pada laju pendidikan tinggi dan teknologi. Sebab dosen-dosen generasi X, dinilai sulit beradaptasi dengan kemajuan teknologi. 

Terlebih, saat ini ada sebanyak 24.381 dosen yang saat ini berusia 53 hingga 71 tahun.

"Untuk dosen yang kategori milenial lebih mudah, karena akrab dengan dunia digital. Nah, yang generasi X kami rasa cukup sulit. Sebab ke depan, dosen tak hanya mengajar, tetapi lebih sekadar fasilitator yang membimbing mahasiswanya," jelas Ghufron.

Selama ini, dia mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan dan pemetaan terhadap dosen dengan bekerja sama dengan lembaga atau kementerian terkait. 

Menurut dia, pendataan dan pemetaan tenaga pengajar itu dilakukan sebagai upaya melakukan pembinaan dan bimbingan agar dosen tersebut siap menghadapi era digital.

Dia pun mengingatkan, dosen Indonesia terus berinovasi agar siap menghadapi tantangan dan daya saing. 

Sebab, dia optimistis Indonesia dengan segala potensi yang dimilikinya, bisa menjadi ladang para ilmuwan dunia untuk melakukan riset.
Dosen Indonesia Masih Didominasi Generasi X Alias Dosen Tua Dosen Indonesia Masih Didominasi Generasi X Alias Dosen Tua Reviewed by WASATHA on April 19, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.