Ini Bayi Pertama yang Lahir di RS Turki Untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Share:
FOTO: Muhammad Alperen Bayi Pertama yang Lahir di RS Turki Untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh   | Anadolu Agency

WASATHA.COM- Muhammad Alperen jadi bayi pertama yang lahir di rumah sakit yang dibangun Turki untuk pengungsi Rohingya di distrik Cox’s Bazar, tenggara Bangladesh, Rabu (21/2/2018).
Hal tersebut di umumkan oleh Kudebes Turki  di akun Twitter resminya dan memasang bayi laki-laki dan ibunya.
Rumah sakit yang dibangun dan dioperasikan oleh Kementerian Kesehatan Turki dan Otoritas Manajemen Darurat Turki (AFAD) untuk memberikan bantuan kesehatan darurat kepada para pengungsi.
Jemaluddin Mohammad, kepala dokter rumah sakit, mengungkapkan kepuasan dan kegembiraannya atas keberhasilan kelahiran bayi pertama pengungsi Rohingya tersebut.
Mohammad mengatakan, ada kekurangan fasilitas medis di kamp sebelum pembentukan rumah sakit tersebut.
“Orang-orang di kamp berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, terutama sebagian besar wanita hamil belum pernah ke dokter, dan tidak mengonsumsi zat besi, vitamin atau asam folat,” ujarnya seperti yang di lansir Mirajnews.
Mohammad mengatakan, layanan perawatan kesehatan meningkat di kamp setelah rumah sakit lapangan mulai beroperasi bulan Januari.
“Sekarang pasien dapat dengan mudah melakukan pemeriksanaan, mereka telah melihatnya sebagai pintu harapan. Mereka banyak berdoa untuk Turki, terutama untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan,” Mohammad menambahkan.
Kini, lebih dari 750.000 pengungsi, kebanyakan anak-anak dan perempuan, telah meninggalkan Myanmar sejak 25 Agustus 2017, ketika pasukan Myanmar melancarkan tindakan keras terhadap komunitas Muslim minoritas, menurut Amnesty International. []