Shabela Akan Bangkitkan Kembali Kejayaan Sekolah Kejuruan Pertanian

Foto: Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menunjukkan produksi jahe instan SMKN 2 Takengon

WASATHA.COM - Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar bertekad untuk membangkitkan kembali jurusan pertanian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Takengon.

Hal tersebut diungkapkannya ketika melakukan penanaman perdana pohon tembakau di SMKN 2 Takengon bersama dengan kelompok tani Tuah Jaya Tani Pegasing, Selasa (30/01/2018).

Menurut Shabela jurusan pertanian di SMKN 2 Takengon pernah jaya di tahun 80-an ditandai dengan banyaknya siswa yang belajar serta berbagai kegiatan budidaya pertanian.

"Ini mau kita bangkitkan dan kembangkan lagi, karena Aceh Tengah ini wilayah agraris yang membutuhkan banyak tenaga ahli untuk mengelolanya," ungkap Shabela.

Shabela mengatakan pihak sekolah harus lebih aktif mempromosikan pendidikan di sekolah itu untuk menarik minat orang tua menyekolahkan anak-anaknya di SMK.

Selain itu, Shabela mengusulkan agar setiap siswa dibimbing untuk mengolah lahan pertanian yang ada dan hasilnya dikembalikan kepada siswa, sehingga sambil belajar para siswa sudah diajar untuk mencari uang dari hasil pertanian.

"Pemerintah daerah akan memberi dukungan dengan menampung produk dari SMK sehingga para siswa dan pengajar lebih giat untuk mengembangkan produk pertanian," kata Shabela.

Kepala SMKN 2 Takengon, Hajarussalam menyebutkan luas lahan bersertifikat sekolah itu mencapai 28,7 hektar dan selama ini pihaknya sudah berupaya untuk membangkitkan kembali kejayaan jurusan pertanian di sekolah tersebut.

"Kita sudah kembangkan sere wangi, jahe instan, susu kedele, ayam broiler, serta berbagai produk pertanian lainnya, semua sudah dipasarkan, namun tetap membutuhkan dukungan Pemda agar lebih banyak produk SMK diserap pasar," katanya.

Shabela menyahuti harapan tersebut dengan menyatakan akan mewajibkan seluruh produk pertanian dari SMK untuk ditampung oleh Mini Market di daerah itu. [MK]
Share on Google Plus

About Dhiya Urahman

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.