Iklan

Iklan

Petani Pegasing Mulai Tanam Tembakau

1/30/18, 22:24 WIB Last Updated 2018-01-30T15:24:28Z
FOTO: Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar turut menanam perdana Tembakau di Kecamatan Pegasing | Wasatha

WASATHA.COM- Petani yang bergabung dalam kelompok Tuah Jaya Tani di wilayah kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah mulai menanam tembakau dan sebagai ujicoba penanaman perdana dilakukan di lahan SMKN 2 Takengon, Selasa (30/01/2018).

Ketua Kelompok Tani Tembakau, M. Yunus menyebutkan upaya yang dilakukan pihaknya sebagai kelanjutan studi banding ke lahan pertanian dan perusahan tambakau di Sumatera Utara.


"Hasil studi banding kita lihat di Sumatera Utara sistem pasarnya sudah mulai baik dan kita juga sudah menjalin kerjasama untuk memasok tembakau dari Aceh Tengah," ungkap Yunus.

Yunus mengharapkan dukungan pemerintah daerah agar tembakau Gayo dapat lebih berkembang kedepan.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang turut melakukan penanaman perdana hari itu mengatakan bahwa tembakau Gayo dulu pernah jaya dan banyak pengusaha sukses berdagang tembakau.


Namun, Shabela mengingatkan agar petani tidak hanya menggantungkan diri pada tembakau, ini terkait dengan harga yang tidak stabil sehingga perlu juga dipikirkan tanaman lain yang dapat ditumpangsarikan dengan tembakau.

"Prinsipnya kita dukung seluruh upaya masyarakat, soal tembakau kita punya yang terbaik, hanya kendalanya saat ini di teknologi dan pemasaran," kata Shabela.

Melihat upaya yang dilakukan kelompok tani tembakau di pegasing tersebut, Shabela yakin bila sudah ada kerjasama dengan perusahaan penampung, maka diharapkan dapat lebih berkembang.


"Kita gaungkan tembakau Gayo ini kembali, kita mulai dari Pegasing," kata Shabela yang turut didampingi oleh Ketua KTNA Aceh Tengah, Sukurdi Iska dan Camat Pegasing, Muslim. [MK]


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Petani Pegasing Mulai Tanam Tembakau

Terkini

Topik Populer

Iklan