KPI Ar-Raniry Gelar Workshop Mendeley Angkatan ke-2

FOTO: wasatha | Herman


WASATHA.COMJurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Senin (8/01/2018) menggelar Workshop Mendeley angkatan Ke-2.

Hadir sebagai pemateri Dr. Hendra Syahputra, MM, dan Syahril Furqany, M.I.Kom, juga beberapa dosen, alumni mahasiswa KPI dan sejumlah mahasiswa aktif yang ikut meramaikan.

“Hadirnya Mendeley ini bisa membantu kita untuk mengimput referensi dengan mudah, istilahnya dari manual ke automatis,” kata Kamaruddin dosen juga peserta workshop Mendeley.

Ia juga menambahkan, Mendeley berguna bagi mereka yang menulis, “Untuk anak Strata 1 (S1) mempermudah dalam menulis skripsi dan Strata 2 (S2) mempermudah menulis tesis,” tambah Kamaruddin.

“Kegiatan seperti ini terus digulirkan, disosialisasikan dan dikembangkan di banyak tempat lain mungkin akan banyak orang yang butuh dan belum paham,” ungkapnya.

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.


Perangkat lunak Mendeley saat ini tersedia dalam 2 (dua) versi, Desktop Edition dan Institutional Edition. 

Mendeley Desktop Edition (selanjutnya dalam panduan ini akan disebut Mendeley saja) adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis (tidak berbayar) dan sangat kompatibel dengan program pengolah kata MS Word (2003,2007,2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), dan Bib Tex.

Beberapa fitur yang menjadi andalan Mendeley antara lain:
  • Dapat berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.
  • Menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis.
  • Backup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.
  • Smart filtering dan tagging.
  • PDF viewer dengan kemampuan anotasi dan highlighting.
  • Impor dokumen dan makalah penelitian dari situs-situs eksternal (misalnya PubMed, Google Scholar, arXiv, dll).
  • Integrasi dengan berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan Libre Office.
  • Fitur jejaring sosial.
  • iPhone dan iPad app.
  • Free web storage sebesar 2 GB yang dapat dimanfaatkan sebagai online backup.

Disamping itu, pengaturan dan manajemen file hasil download sangat mudah dilakukan dengan “drag and drop”, sehingga terasa sangat user friendly.

Namun demikian bukan berarti Mendeley tidak memiliki kelemahan.

Mendeley akan mengunggah semua file yang ada di hard disk lokal ke web site Mendeley, sehingga apabila file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar seperti ScienceDirect, ProQuest, ClinicalKey tentunya akan sedikit bermasalah khususnya dengan hak akses terhadap file-file tersebut. (Dhi)
Share on Google Plus

About Dhiya Urahman

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.