Warung “Hana” Sensasi Jepang di Tanah Rencong

FOTO: Komos Coffe

PERNAH gak sih kalian bermimpi untuk ke Jepang? Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara impian beberapa orang. Selain terkenal dengan budaya dan tempat wisatanya, negara bunga sakura ini juga memiliki makanan khas yang sangat menggugah selera.

Nah buat rakan-rakan yang ada di sekitaran Banda Aceh, ingin menikmatinya sensasi makanan Jepang tidak perlu harus jauh-jauh ke Jepang. Sekarang di Banda Aceh sudah menyediakan makan khas Jepang.

Warung ini berada ditempat yang sangat strategis, dengan dihapit oleh dua universitas yaitu Universitas Syiah Kuala dan UIN Ar-Raniry yang merupakan kampus Jantong Hate Rakyat Aceh.Tepatnya di belakang Wisma UNSYIAH dan di samping Lapangan Tugu. Yang di beri nama Warung Hana.

Hana sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti bunga. Sesuai dengan tempatnya yang juga dipenuhi dengan taburan bunga dan pohon pinang disudut-sudut kantin. Kehadiran tanaman-tanaman ini membuat anda merasa sangat nyaman untuk menikmati makanan disini.

Kumiko adalah warga negara asal Jepang yang dinikahi salah satu dosen Universitas Syah Kuala. Untuk mengobati kerinduan akan tanah kelahirannya, Kumiko mendirikan kantin dan menjual makanan-makanan favoritenya saat dimasih berada  di Jepang.

Kantin ini sudah berada sejak akhir bulan September 2012, awalnya hanya sekedar mencoba-coba saja membuat menu makanan Jepang. Ternyata masakannya di minati banyak orang terutama dari kalangan mahasiswi,” ujar Kumiko.

Kantin ini menjadi incaran bagi seluruh mahasiswa. Bagaimana tidak? dengan dekorasinya yang sangat sejuk dan juga bebas dari asap rokok. Terlebih lagi, anda bisa memilih tempat duduk yang anda sukai, seperti duduk di bawah pohon, atau berada di bawah pondok dengan meja oshin ala Jepang, wah rasanya seperti benar-benar berada di Jepang.

Di langit-langit pondok juga digantung pernak pernik khas Jepang seperti lampion dan beberapa huruf kanji. Suasana ini semakin asyik sambil mencicipi beberapa makanan yang di sediakan.

Disini kita juga bisa menikmati salah satu mie yang menjadi makanan favoritenya actor Uzumaki Narota, pasti kalian pada tau kan? yaitu Ramen. Ramen adalah rebusan mie yang disajikan dengan kuah kaldu, juga beberapa hiasan seperti jagung, rumput laut(nori), daging ayam tipis (nidori), telor rebus, dan tauge, dan sayur lainnya.

Untuk mendapatkan semangkuk ramen sepecial anda hanya menyiapkan uang saku sekitar 18.000 saja. Selain itu kantin hana juga menyediakan Takoyaki, Okonomiyaki, dan Norimaki zushi.

Takoyaki merupakan makanan yang terbuat dari olahan tepung terigu yang di campur dengan daging gurita, atau uang ebi atau cumi-cumi ika, bentuknya seperti bola tenis yang di panggang dengan lemuran saus tomat dan mayones.

Berbeda dengan Takoyaki, Okonomiyaki adalah serupa martabak yang di campuri tepung, udang ebi, daun bawang, telur, dan kol, juga sama seperti takoyaki yang di siram saus dan mayones, kantin ini juga menyedikan makanan penutupnya seperti pafe, dan es cream kakigori. Makanan-makanan di sini bebas dari pengawet dan MSG.

Selain makanan dari Jepang, di sini kita juga dapat menemukan beberapa minuman Jepang, seperti  Cai, Mugicha (teh gandum) dan Sencha (teh Jepang).

“Bahan makanan di kantin ini juga ada yang di impor dari Jepang nya langsung loh, seperti ikan tuna, nori(rumput laut), mugicha dan sencha,” Kata Koyami.


Kantin ini buka sekitar jam 09.30 pagi sampai jam 21.30 malam. Buat kalian mahasiswa yang ada di sekitaran kota Banda Aceh, Pas banget buat kalian yang tress dengan tugas dan pekerjaan. [Miftahul Jannah Nasri ]
Warung “Hana” Sensasi Jepang di Tanah Rencong Warung “Hana” Sensasi Jepang di Tanah Rencong Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on Desember 03, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.