RUMAN Aceh Buka Pustaka di Aceh Tenggara


WASATHA.COM - Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh membuka pustaka rumah di Desa Lawe Dua, Kecamatan Bukit Tusam, Kabupaten Aceh Tenggara dimulai Kamis (21/12/2017).

Melalui program ini, taman bacaan masyarakat (TBM) di bawah lembaga pendidikan Ruman menyebarkan bahan bacaan secara gratis ke daerah-daerah yang berjauhan dari sekretariatnya di Banda Aceh.

“Anak-anak sangat senang bisa membaca buku dan majalah yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Terima kasih buat Ruman atas perhatiannya kepada kami di daerah yang sangat jauh dari pusat pemerintahan Aceh,” ujar Hadijah S.Pd., relawan pustaka rumah yang sehari-harinya mengajar di SDN Rema, Aceh Tenggara.

Pendiri Ruman Ahmad Arif mengungkapkan, Aceh Tenggara merupakan titik ketiga program pustaka rumah yang dibuka kembali pada bulan ini. Sebanyak 75 bacaan anak dikirimkan dengan akad dipinjamkan selama sebulan.

“Bila akadnya hibah (diberi), jumlah yang bisa diakses sangat terbatas. Namun, dengan akad pinjam, bahan bacaan tersebut bisa ditukar setiap bulannya sehingga lebih banyak buku dan majalah yang bisa diakses oleh anak-anak,” ujar Arif.

“Titik pertama, dibuka dengan 50 bacaan di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Lalu, titik kedua dengan 100 bacaan di Desa Deudap, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar,” pungkas Arif.
Share on Google Plus

About Dhiya Urahman

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.