Rahasia Mempesona di Balik Pulau Simeulue


FOTO : Google
PULAU Simeulue merupakan suatu pulau yang memiliki rahasia yang sangat unik. Kenapa dikatakan unik? karena di pulau Simeuleu banyak menyimpan keindahan yang sangat luar biasa menarik perhatian para pengunjung.

Pulau ini teletak kurang lebih 150 kg dari pantai lepas Barat Aceh yang masih termasuk Provinsi Aceh.

Pulau Simeulue adalah Kabupaten yang memisahkan diri dari Aceh Barat sekitar tahun 1999. Yang kemudian menjadi Kabupaten Simeulue dengan ber ibukotakan Sinabang.

Ini dia beberapa rahasia unik yang tersimpan di pulau Simeulue, pastinya dengan keindahan yang mungkin belum anda ketahui :


Danau Laut Tawar/Lauik Tawar


Biasanya kita hanya mengenal keindahan danau laut tawar di Takengon. Tetapi, ternyata di Simelue juga terdapat danau laut tawar yang bekum anda diketahui banyak orang.

pemandangannya tidak kalah dengan keindahan danau laut tawar di Takengon, penduduk Simeulue menyebutnya dengan sebutan Lauik Tawar.

Danau lauik tawar ini terletak di Bulu Hadik Kecamatan Teluk Dalam, Simeulue. Dulu lauik tawar yang tenang ini berdekatan dengan muara laut dan pasang surut airnya menjadikan laut tawar ini asin.

Tetapi sekarang sudah menjadi tawar dan ikan yang beradaptasi disini adalah ikan tawar.

Danau ini memiliki panjang kurang lebihnya sekitar 800 meter dan lebarnya kurang lebih sekitar 500 meter. Di danau ini sangat cocok untuk tempat wisata dan anda juga dapat menikmati kliner yang sangat menggugah selera yaitu mie udang. Tetapi tempat ini belum di kelola dengan baik.


Keindahan Pantai Along


Pantai Along terletak di desa Along Kecamatan Salang, Simeulue. Tempat ini menjadi salah satu pantai favorit yang sering di kunjungi oleh warga Simeulue.

Tempat ini  sangat indah untuk tempat bersantai dengan keluarga dan teman-teman. Pantainya sangat indah dan pasir putihnya yang sangat mempersona ditambah dengan lautnya yang indah cocok untuk tempat berselancar. Pun di tambah dengan pohon cemara yang di tata dengan rapi.

Panorama Pantai Siambong-Ambong/ Batu Alafan


Selanjutnya adalah pantai siambong-Ambong (Batu Alafan) yang terletak di Lobok Baik Kecamatan Alafan, Simeulue.

Sekarang menjadi tempat wisata  yang sangat keren dan menjadi objek wisata bagi masyarakat di sana.

Pemandangan yang sangat luar biasa menarik perhatian banyak orang untuk mengambil gambar di tempat yang indah ini.

Batu ini mempunyai ketinggian sekitar 3 meter dari permukaan dataran rendah, dan jika ingin menaikinya dapat di lakukan dengan menggunakan tangga.

Batu ini panjang tetapi sayangnya terputus yang membuat tempatnya semakin menakjubkan bagi para pengunjungnya.

Menikmati Keindahan Pantai Busung


Pantai Busung yang terletak di Busung kecamatan Teupah Teungah, Simeulue. Pantai ini juga sanagat indah danjuga menjadi salah satu objek wisata bagi orang-orang simeulue . Di pantai Busung ini juga terdapat kolam renang dan waterbum.

Di pantai ini juga terdapat sebuah pulau kecil yang sangat indah. Pantai Busung ini juga sangat cocok untuk tempat  bersantai dengan keluarga, teman.

Pesona Surga Panti Ganting


Pantai yang tidak kalah pemandangannya dengan pantai yang lainnya. Pantai ini teletak di Simeulue Timur. Pantai tidak terlalu jauh jarak tempuhnya dari ibu kotanya Sinabang, jika berkunjung keseni anda hanya menempuh jarak sekitar 11 km  dengan waktu sekitaran 30 menit.

Pantai ini sanagat indah pemandangan dan sangat menabjubkan bagi setiap para pengunjungnya.

Uniknya Pantai Mincau


Pantai Mincau ini terletak di Teupah Selatan, Simeulue. Pantai ini sangat indah, selain pasir putih dan air lautnya yang jernih pemandangan disini sangatlah menarik perhatian bagi para pengunjungnya.

Pantai mincau ini juga merupakan tempat yang sering di kunjungi oleh pelancong dari luar daerah.

Menikmati Pantai Alus-Alus


Pantai alus-alus ini terletak Teupah Selatan, Simeulue. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang hobi berselancar, karena ombaknya yang tinggi dan minimnya karang yang bisa menghalangi anda saat berselancar.

Tempat ini juga menjadi salah satu tempat selancar Internasianal yang di hadiri oleh 70 negara sangat keren bukan.

Danau Lembah Air Terjun Putra Jaya


Di danau lembah air terjun ini sangat unik karena batu-batunya tersusun seperti kue lapis, dan tertata sangat rapi.

Air yang jernih dan dingin ini sangat cocok untuk tempat pemandian. Air terjun putra jaya ini terletak di Putra Jaya Kecamatan Simeulue Teungah.

Pulau siumat


Di Simelue juga memiliki pulau-pulau kecil yang sangat indah salah satunya adalah pulau Siumat. Pulau ini sanagat romantisme cocok untuk tempat bulan madu.

Jarak tempuh pulau ini dengan Sinabang sekitar 1 jam dengan menaiki bot. Silahkan untuk berkunjung kemari karena pemandangan alam di sini sangat luar biasa indahnya.

Itu dia beberapa rahasia yang tersimpan di Simeulue. Simeulue selain tempat wisata yang menarik dan keren disini juga terkenal dengan lobster yang menjadi makan khas Internasioalnya. Sahabat tunggu apalagi ayo datang ke-Simeulue untuk berjalan-jalan. [Melia Sinta]


Share on Google Plus

About Dhiya Urahman

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.