PLTD Apung, Bukti Kedasyatan Tsunami Aceh

FOTO: Monumen PLTD Apung | Visit Aceh

GELOMBANG tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 silam ini memang banyak meninggalkan jejak. Tsunami ini juga banyak meninggalkan bekas-bekas. Salah satunya ialah Monumen PLTD Apung.

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung adalah salah satu monumen yang berada di kota Banda Aceh, Indonesia. Monumen ini merupakan kapal generator listrik yang saat ini dijadikan  tempat wisata. Kapal ini terkenal dengan nama “Kapal Apung”.

Kapal Apung mempunyai luas 1.900 meter persegi berbobot 2.600 ton dan panjang 63 meter bisa menghasilkan daya listrik sebesar 10,5 megawatt.

Sebelum tsunami, kapal ini berada dilaut tepatnya dipelabuhan penyebrangan Ulee Lheuh. Namun setelah tsunami kapal ini berpindah tempat sejauh 5 kilometer dan sekarang berada di daerah Punge Blang Cut, Jaya Baru, kota Banda Aceh.

Pada saat tsunami kapal ini dinaiki oleh 11 orang namun karena gelombang tsunami terjadi sangat dahsyat maka hanya satu orang yang selamat dalam kapal tersebut.

Orang yang selamat ini ternyata tidak sadar akan kejadian yang tertimpa pada hari tersebut karena ia tengah tidur dalam ruang kapal ketika bangun ia baru tersadar akan kejadian yang baru saja terjadi.

Diperkirakan sebagian orang yang menaiki kapal tersebut ketakutan akan adanya gempa yang terjadi sebelum tsunami, lalu turun dari kapal tersebut hingga akhirnya tidak berhasil selamat.

Sekarang PLTD Apung diperbaiki dan dan direnovasi kembali sehingga menjadi tempat wisata yang banyak didatangi oleh para wisatawan. Tujuan direnovasi kembali ini adalah untuk mengingat kejadian yang telah terjadi serta mengenang korban tsunami yang meninggal akibat tsunami dan menjadi pelajaran untuk manusia agar mempercayai akan adanya kekuasaan Allah SWT.

Di tempat wisata Kapal Apung ini ada tiang yang menandakan bahwa air gelombang tsunami yang sangat tinggi telah menimpa Aceh dan disekeliling monumen juga terdapat dinding dengan relief yang menyerupai air gelombang tsunami. [Shella Karim]





Share on Google Plus

About Teuku Emy Kurniawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.